Minggu, 5 Mei 2024

Bantuan Sambungan Listrik Gratis oleh Pemkab Bojonegoro

Diunggah pada : 17 Februari 2023 18:42:58 60
Istimewa

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya kembali merencanakan pemberian sambungan listrik gratis bagi keluarga tidak mampu pada 2023. Bantuan ini untuk warga miskin yang telah memiliki rumah tetapi belum memiliki sambungan listrik.

Kabid Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas PKPCK Zamroni menjelaskan, perencanaan di 2023 ini akan memberikan sambungan listrik bagi 1.497 unit rumah warga. 

"Saat ini masih proses screening. Kita sesuaikan dengan kondisi rumah yang memang layak untuk memperoleh sambungan listrik gratis," ujarnya Jumat (17/2/2023).

Ia menjelaskan, jumlah penerima sambungan listrik gratis tersebut bisa berubah tergantung kondisi lapangan. Adapun bantuan sambungan listrik ini diperuntukkan secara merata. Namun diupayakan dan diutamakan yang terdampak kemiskinan ekstrem. 

Adapun pemberian sambungan listrik gratis ini, juga diperuntukkan bagi penerima bantuan Aladin (atap, lantai, dinding) yang tidak teraliri listrik atau warga miskin yang telah memiliki rumah tetapi belum memiliki sambungan listrik.

“Selain itu juga dari Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang belum teraliri jaringan listrik,” ujarnya.

Pada 2022 lalu, Pemkab Bojonegoro juga telah merealisasikan 1.467 sambungan listrik token berdaya 900 kWh. Zamroni menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin mengajukan sambungan listrik gratis syaratnya sama seperti mengajukan bantuan Aladin kepada pihak desa terlebih dahulu. (yan/n)

#bojonegoro