Jumat, 26 April 2024

Balai Pemasyarakatan Kelas I Malang Bentuk Rumah Harapan 'Griya Abhipraya',

Diunggah pada : 30 Agustus 2022 9:16:17 200
Kepala kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Zaeroji

Jatim Newsroom-Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Malang menjadi salah satu percontohan nasional untuk proyek Griya Abhipraya. Agar penerapannya lebih optimal, Bapas yang dipimpin Sugandi itu mengajak stakeholder untuk berkolaborasi.

Kepala kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Zaeroji menjelaskan bahwa UU 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan telah mengamanatkan bahwa keberhasilan pencapaian tujuan pemasyarakatan. Kegiatan ini merupakan upaya untuk memberikan gambaran, pemahaman, dan sosialisasi mengenai pembentukan Rumah Harapan 'Griya Abhipraya.' "Serta pembahasan dan diskusi ilmiah mengenai isu-isu aktual di masyarakat yang berkaitan dengan Pemasyarakatan," ujarnya, di Surabaya,Selasa(30/8/2022).

Zaeroji melanjutkan, selama ini, klien pemasyarakatan/ pelaku tindak pidana saat kembali ke masyarakat mengalami berbagai masalah psikologis dan sosial. "Seperti dikucilkan masyarakat, mengalami ketidakpercayaan diri, kesulitan mencari pekerjaan atau menjalani hidup secara normal kembali," tuturnya.

Untuk itu, Griya Abhipraya ini diharapkan para klien pemasyarakatan atau para pelaku tindak pidana ini dapat menjalani intervensi. Mulai dari pra ajudikasi maupun sampai post ajudikasi. "Kami harap akan terwujud perubahan perilaku agar tidak mengulangi tindak pidana kembali serta dapat hidup secara wajar di tengah-tengah masyarakat," tambahnya.(mad/hjr)

 

#Kanwil Kemenkumham Jatim