Jumat, 20 September 2024

Balai Besar KSDA Jatim Pantau Lokasi Penemuan Buaya di Madura

Diunggah pada : 20 Mei 2024 10:55:14 48
Penemuan Buaya Muara (Crocodylus porosus) di pesisir Kelurahan Mlajah, Kecamatan Bangkalan Kota, Kabupaten Bangkalan. Foto: BKSDA Jatim

Jatim Newsroom - Balai Besar KSDA Jawa Timur akan melakukan pemantauan secara intensif untuk memastikan lokasi penemuan Buaya Muara (Crocodylus porosus) di pesisir Kelurahan Mlajah, Kecamatan Bangkalan Kota, Kabupaten Bangkalan untuk memastikan, apakah di lokasi tersebut masih terdapat habitat lainnya.

Kepala Balai Besar KSDA Jawa Timur, Nur Patria Kurniawan, Senin (20/5/2025) menceritakan, sebelumnya, Tim Seksi KSDA Wilayah IV Pamekasan melakukan evakuasi Buaya Muara di Kabupaten Bangkalan, 16 Mei 2024. Buaya tersebut diamankan petugas BPBD bersama dengan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Bangkalan dari pesisir Kelurahan Mlajah Kec. Bangkalan kota pada, Rabu, 15 Mei 2024.

Buaya tersebut tersangkut jaring nelayan di pesisir Pantai Kelurahan Mlajah. Sontak saja penemuan satwa ini membuat masyarakat sekitar kaget dan heboh, karena selama ini di lokasi tersebut belum pernah terlihat keberadaan buaya.

Selanjutnya, buaya sepanjang tiga meter dievakuasi ke kandang transit BBKSDA Jatim, dan ke depan akan dilakukan pemantauan secara intensif untuk memastikan lokasi tersebut merupakan habitat buaya atau bukan. (jal/hjr)

 

#BKSDA Jatim