Jumat, 17 Mei 2024

Badan Pangan Nasional Apresiasi Peran Pemprov Jatim Sebagai Lumbung Pangan Nasional

Diunggah pada : 15 November 2023 20:34:37 84
Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi (kiri) bersama Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat HPS ke 43. (Wahyu)

Jatim Newsroom -  Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengapresiasi peran pemprov Jatim sebagai lumbung pangan nasional dan memberikan kontribusi yang besar bagi pemenuhan pangan Indonesia.

"Ini patut diapresiasi, di daerah lain produksinya sedang turun tapi di Jawa Timur terus surplus bahkan mengalami peningkatan yanh sangat signifikan," kata Arief saat di hari Peringatan Hari Pangan Sedunia ke 43 di Jatim Ekspo, Rabu (15/11/2023)

Ia pun berharap pada periode berikutnya produksi pangan di Jawa Timur lebih tinggi lagi, agar ketahanan pangan baik di daerah maupun nasional semakin kuat. Prasana pertanian yang sudah matang di Jawa Timur dihimbaunya untuk terus dioptimalkan dan didukung dengan kebijakan yang baik agar memperkuat eksistensi Jawa Timur sebagai lumbung pangan nasional.

Selain itu, Arief juga meminta agar alih fungsi lahan dapat ditekan sehingga lahan untuk sawah dan perkebunan tetap ada dan tersedia di Jawa Timur. "Terima kasih atas upaya keras dan komitmen yang diberikan oleh seluruh stakeholders di Jawa Timur semoga semangat ini terus tumbuh dan memberikan hasil yang berkelanjutan untuk memperkuat ketahanan pangan nasional, dan saya berharap agar langkah-langkah inovatif dan kerjasama yang terus berkembang di provinsi Jawa Timur dapat menjadi contoh yang menginspirasi bagi daerah lainnya di seluruh Indonesia," katanya.

Usai gelaran peringatan HPS ke-43, Gubernur Khofifah juga berkesempatan meninjau stan Gerakan Pangan Murah yang di siapkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim.  Stand pangan murah kali ini merupakan tindak lanjut dari upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan di Jatim yang diejawantahkan melalui program Gerakan Pangan Murah (GPM).

Adapun komoditas yang di sediakan pada Gerakan Pangan Murah adalah bawang merah 300kg dijual dengan harga 20rb/kg, bawang putih cutting 300kg harga 30rb/kg, cabe rawit 100kg dijual 60rb/kg dan cabe merah besar 100kg dijual 50rb/kg.

Selanjutnya ada minyak goreng kita 1200 liter dijual 13rb/liter, gula premium 550kg dijual 15rb/kg, telur ayam ras 250kg dijual 23rb/kg, beras medium SPHP 8000kg dijual 10.200/kg, daging ayam 100 ekor dijual 31rb/ekor serta aneka ikan segar, frozen food dan produk UMKM. (Pca)

 

#Pemprov #Hari Pangan Sedunia #Distan KP Jatim