Minggu, 19 Mei 2024

Atasi PMK di Gresik, Bupati Yani Siapkan Suntikan Vitamin Pada Hewan Ternak

Diunggah pada : 11 Mei 2022 15:59:15 252
Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani saat berada di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu(11/5/2022).

Jatim Newsroom- Untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut Kuku (PMK) pada hewan ternak, Pemerintah Kabupaten Gresik sudah melakukan koordinasi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat termasuk juga kepala desa untuk melakukan pendataan yang valid dan terukur serta penanganan ternak yang terkena wabah.

" Memang Kabupaten Gresik salah satu daerah yang terkana wabah PMK, dan ada beberapa ternak sapi di daerah kecamatan Wringinanom yang terkena wabah, dan dilakukan penyuntikan vitamin-vitamin, karena memang obatnya belum ada,"ujar Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani saat berada di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu(11/5/2022).

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani dalam keterangannya menggarisbawahi bahwa PMK yang menyerang hewan ternak ini tidak menular kepada manusia.

"Ini yang harus kita sampaikan kepada masyarakat, Insya Allah PMK bisa kita selesaikan. Karena ini virus, maka kita berikan vitamin selagi menunggu vaksin yang akan diberikan dari Kementan," tegas Bupati Yani.

Sebelumnya, diketahui sebanyak 725 ternak sapi di Kabupaten Gresik, Jawa Timur terserang penyakit mulut dan kuku (PMK), dengan 13 ekor di antaranya mati, dari total populasi sapi di kandang yang diidentifikasi sebanyak 959 ekor oleh Dinas Pertanian setempat, sehingga diperlukan status kejadian luar biasa (KLB).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, Eko Anindito Putro di Gresik mengatakan, ratusan ternak sapi yang terjangkit PMK itu terdeteksi di tujuh kecamatan, masing-masing Wringinanom, Driyorejo, Kedamean, Menganti, Benjeng, Balongpanggang dan Cerme. (mad/hjr)

#gresik