Jumat, 3 Mei 2024

Atasi Kekeringan di Madura, Anggota DPRD Jatim Usul Pembangunan Spot Embung

Diunggah pada : 21 Juli 2023 13:39:10 81
Anggota DPRD Jatim, Abdul Halim saat bertemu warga di Bangkalan Madura. (Pca)

Jatim Newsroom – Guna mengatasi masalah kekeringan di wilayah Madura. Anggota DPRD Jatim, Abdul Halim mengusulkan adanya pembangunan spot – spot embung di desa – desa yang ada di Madura. Hal ini disampaikan saat bertemu dengan masyarakat desa klayapan Kabupaten Bangkalan.

Menurutnya, embung sendiri ia menjelaskan adalah sejenis waduk namun dengan skala yang jauh lebih kecil, kira-kira 100 meter persegi dengan kedalaman 3 sampai 5 meter. Agar jika air hujan turun dapat tertampung dengan baik. “Ini sangat realistis atau ketimbang pembangunan waduk yang mendapat penolakan dari masyarakat," kata Halim dikonfirmasi, Jumat (21/7/2023).

Dari segi anggaran pun, politisi asal fraksi Gerindra ini mengatakan sangat efisien dibandingkan dengan pembangunan waduk. Serta anggaran itu dapat di cover oleh Pemprov Jatim, apalagi ditambah kekuatan desa dengan anggaran bantuan dana desa yang bisa juga dimanfaatkan untuk pembangunan embung ini. "Bisa dilakukan perdesa, dan itu tidak banyak sekitar Rp300 juta untuk membuat satu embung," ujarnya politisi asal Bangkalan Madura ini.

Kendati demikian, lanjut Halim, ada beberapa syarat jika ide embung ini mau direalisasikan. Syarat dasarnya harus ada sinergitas antara Pemprov Jatim bersama pemkab dengan pemerintah desa (Pemdes). Sinergitas itu berupa penyiapan lahan oleh pemdes untuk lokasi pembuatan embung. Tidak lupa harus juga ada akses jalan untuk dilalui kendaraan berat untuk proses pengerukan. "Selama kesiapan itu tidak terpenuhi maka tidak bisa dilaksanakan program dalam rangka merealisasikan embung untuk pemenuhan air masyarakat Madura di wilayah utara khususnya Bangkalan," pungkasnya. (Pca/hjr)

#dprd jatim