Minggu, 28 April 2024

ASN Diskominfo Probolinggo Pakai Udeng Tengger Saat Rapat Kedinasan

Diunggah pada : 6 Juni 2023 16:03:20 112
Sumber foto: Diskominfo Probolinggo

Jatim Newsroom - Segenap karyawan/karyawati Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo mengawali pemakaian udeng Tengger ketika mengikuti kegiatan kedinasan.

Pemakaian udeng Tengger ini dilakukan secara serentak yang dipimpin oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian, sebelum memula rapat koordinasi (rakor) di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Selasa (6/6/2023).

Yulius Christian memberikan tutorial pemasangan udeng yang benar secara bentuk estetikanya. Karena menurut mantan Camat Sukapura ini, udeng bukanlah asesoris semata, namun juga memiliki filosofi dan makna yang luhur.

“Sesuai arahan Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko dan Sekretaris Daerah Probolinggo, Ugas Irwanto agar mengenakan udeng Tengger saat mengikuti rapat-rapat kedinasan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” katanya di awal tutorial pemasangan udeng Tengger.

Yulius menambahkan, bahwa saat mengenakan udeng ini boleh dikatakan sebagai perlambang agar yang mengenakannya senantiasa “mudheng” atau mengerti dan tanggap dalam menghadapi permasalahan.

Sedangkan alasannya memilih udeng Tengger, karena udeng yang dipasang manual mulai dari kain lembaran ini merupakan ciri khas udeng Kabupaten Probolinggo dan sampai saat ini menjadi pakaian adat masyarakat Tengger yang dikenakan sehari-hari.

Lebih lanjut Yulius menerangkan meskipun relatif simple, namun memasang udeng sendiri dari kain lembaran agar menjadi penghias kepala yang terlihat rapi dan menarik tidaklah semudah mengenakan blangkon.

“Saya rasa hal ini merupakan salah satu cara bagaimana kita mencintai secara nyata warisan pakaian adat para leluhur kita yang ada di Kabupaten Probolinggo,” tandasnya. (ghf/s)

 

#Diskominfo #Tengger #kabupaten probolinggo