Jumat, 17 Mei 2024

Arumi Bachsin Resmikan SOTH Kabupaten Mojokerto

Diunggah pada : 14 April 2022 17:20:36 123
Ketua TP PKK Jatim, Arumi Bachsin Dardak mengunjungi beberapa keluarga usai meresmikan SOTH di Kabupaten Mojokerto, Kamis (14/4/2022).

Jatim Newsroom - Ketua TP PKK Jatim, Arumi Bachsin Dardak membuka Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di Kabupaten Mojokerto, Kamis (14/4/2022). 

Sebelumnya, SOTH di Jawa Timur sendiri telah dilakukan di dua wilayah, yakni Kabupaten Lamongan dan juga Pasuruan.

SOTH yang digagas BKKBN ini merupakan terobosan yang strategis untuk memberikan pendidikan intensif kepada para keluarga balita yang merupakan generasi milenial. Dimana pelaksanaannya pun relatif singkat, terukur dan di bawah pendampingan tenaga professional dari Perguruan Tinggi.

"SOTH di Kabupaten Mojokerto, merupakan SOTH berkelanjutan yang dikembangkan oleh Perwakilan BKKBN Jawa Timur, semoga dapat dikembangkan di tempat lain agar cakupan sasaran dapat lebih banyak dan luas," kata Arumi.

Sebelumnya, bersama dengan Kepala BKKBN Pusat dan Bupati Mojokerto, Arumi juga mengunjungi beberapa keluarga yang memiliki anak stunting serta ibu hamil yang memiliki gizi kurang ideal, yakni Erika yang memiliki putra berusia 11 bulan dengan berat badan 5,8 kg dan Lis yang memiliki putra berusia 2 tahun dengan berat badan 10 kilogram.

Pada kesempatan tersebut, selain melakukan diskusi bersama terkait sosialisasi penanganan, juga diberikan paket sembako dan makanan seimbang.

"Sosialisasi ini penting dilakukan kepada ibu-ibu, kerena peran penting keluarga dalam hal ini ibu menyangkut asupan makanan sehari-hari diperoleh anak adalah dari rumah,” ujar Arumi kepada orang tua bayi.

Di kesempatan yang sama, kegiatan juga dilanjutkan dengan Gebyar Pemakaian Serentak Pil KB bagi ibu menyusui yang diwakili sekitar 50 akseptor se Kab. Mojokerto, yang dilakukan langsung oleh Kepala BKKBN yang dilaksanakan di Balai Desa Kepuhanyar Kecamatan Mojoanyar. 

Di tempat tersebut disediakan pula pelayanan KB Implan bagi 20 akseptor. Setelah itu, Ketua PKK Jatim bersama dengan Ketua BKKBN pusat dan Bupati Mojokerto juga menyempatkan diri mengunjungi Rumah Data yang ada di Kabupaten Mojokerto. (non)

#Arumi Bachsin #Ketua TP PKK Jatim