Kamis, 2 Mei 2024

Arumi Bachsin : PKK Cermin Keberhasilan Pemerintah Daerah

Diunggah pada : 26 Juni 2023 21:26:58 184
Foto: dok. Humas Jatim

Jatim Newsroom -  Keberhasilam pelaksanaan program pokok PKK mencerminkan keberhasilan kinerja pemerintah daerah. Karena 10 Program Pokok PKK mencangkup hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat. Yakni Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, serta Perencanaan Sehat.

"Makanya Bu Gubernur sering berpesan, PKK itu ibaratnya shadow government. Makanya tidak bisa kalau dilepas-lepas gitu. Jadi kalau PKK-nya bagus, pasti karena pemerintah daerahnya sangat progresif yang kemudian membuat PKK juga bisa bersinar,"  ujar Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak, saat mengunjungi Kelurahan Bendo, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Senin (26/6).

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka Penilaian Kunjung Lapang Lomba Kelurahan dan 10 Program Pokok PKK tingkat provinsi 2023. Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Jatim yang akrab disapa Arumi itu memberikan selamat atas prestasi Kelurahan Bendo yang berhasil masuk ke tiga besar kelurahan di tingkat provinsi Jawa Timur.

Pada kesempatan ini, Arumi juga mengapresiasi kinerja PKK yang begitu aktif dan mengimplementasikan 10 program Pokok PKK. Meski sudah bagus, ia mendorong upaya itu terus dimaksimalkan karena kinerja PKK akan menjadi wajah pemerintah daerah.

"Insya Allah kalau PKK-nya bagus, akan tercermin juga di pemerintah daerahnya. Oleh sebab itu, ibu-bu harus terus semangat melaksanakan 10 program PKK," ujarnya.

Lebih lanjut, istri Wakil Gubernur Jawa Timur itu menyampaikan bahwa kedatangannya diharapkan dapat menjadi motivasi dan semangat.

"Saya juga bawa expert-expert langsung dari Surabaya. Monggo dimaksimalkan untuk pembinaan dan tanya-tanya program mana yang masih banyak ruang biar bisa berkembang. Mudah-mudahan kesempatan ini betul-betul bisa dimanfaatkan sebagai ajang saling memotivasi," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur, Budi Sarwoto, yang juga Ketua Tim Penilai, mengatakan, bahwa pemenang akan diumumkan pada perhelatan HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus mendatang.

Untuk peninjauan lapangan ini, proporsi nilai cukup besar. Yakni 40% untuk menggenapi 60% nilai administrasi dan presentasi.

"Kami ingin mengetahui apakah yang sudah disampaikan kemarin saa presentasi memang sesuai kondisi lapangannya. Sehingga kami berharap nanti Bapak dan Ibu yang bertugas bisa mendampingi para tim penilai untuk menunjukkan semua potensi dan keunggulan yang ada di kelurahan ini," ucapnya.

Sementara, Walikota Blitar Santoso menuturkan, Kelurahan Bendo selama ini memang sudah banyak menoreh prestasi. Terakhir, kelurahan ini memenangi Lomba Gotong Royong seminggu yang lalu.

"Selain itu, Kelurahan Bendo juga luar biasa terutama di implementasi 10 Program Pokok PKK-nya karena sudah tertata baik," terangnya.

Ia juga menjelaskan, program-program yang dijalankan oleh TP PKK Blitar telah bersinergi dengan program-program Pemerintah Kota. "Saya berharap sekali lagi kami bisa memenangkan Lomba Kelurahan dan sekaligus Lomba 10 Program Pokok PKK agar semakin melengkapi penghargaan-penghargaan yang diterima oleh Ibu Lurah Bendo," tuturnya.(sti)

#Arumi Bachsin #Ketua TP PKK Jatim #TP PKK