Jumat, 26 April 2024

Antisipasi Kebocoran Saat Hujan, TIM BPBD Bojonegoro Terjun ke Pasar Lama

Diunggah pada : 5 Januari 2023 13:43:22 35
Istimewa

Jatim Newsroom – Untuk mengatisipasi kebocoran saat hujan deras, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro kembali diterjunkan ke Pasar Lama untuk memastikan kondisi atap pasar dalam kondisi baik. Sesuai prakiraan BMKG, dalam waktu dekat hujan deras akan terus turun.   

Kegiatan pemeriksaan atap Pasar Lama ini juga sebagai wujud implementasi dari Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Penanggulangan Bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Ardhian Orianto, menuturkan, pihaknya menemukan sebagian besar atap semi permanen di Pasar Lama sudah lapuk termakan usia. “Untuk itu, kami melakukan pembersihan atap yang sudah lapuk sebelum jatuh atau roboh agar tidak memakan korban jiwa,” katanya Rabu (3/1/2023).

Ardhian menuturkan bahwa kegiatan pemeriksaan kondisi pasar sudah dimulai sejak Sabtu (31/12/2022) lalu. Kedepannya, BPBD akan melaksanakan serangkaian upaya pengurangan risiko bencana sebagai bentuk mitigasi pengurangan risiko yang ditimbulkan oleh kondisi hidrometeorologi basah sebagaimana yang diprakirakan oleh BMKG. (yan/n)

#bojonegoro