Senin, 6 Mei 2024

Aklamasi, Rachmat Harsono Kembali Terpilih Menjadi Ketua DPD IKAL Lehmannas Jatim Periode 2022 - 2027

Diunggah pada : 26 Agustus 2022 12:28:27 122
Rachmat Harsono kembali terpilih menjadi Ketua DPD Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional (IKAL-Lemhannas) Jawa Timur periode 2022 - 2027 yang dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum DPP IKAL-Lemhannas Jenderal TNI Purn Agum Gumelar.

Jatim Newsroom - Rachmat Harsono kembali terpilih menjadi Ketua DPD Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional (IKAL-Lemhannas) Jawa Timur periode 2022 - 2027. Dimana Rachmat Harsono menang secara pada musda IKAL Lemhannas Jatim 2022 yang diselenggarakan di Hotel Samator pada, Kamis (25/8/2022).

Pada kesempatan tersebut Rachmat Harsono ketua DPD IKAL - Lemhannas Jawa Timur 2022 - 2027 bersama pengurus IKAL-Lemhannas yang baru, langsung dikukuhkan Ketua Umum DPP IKAL-Lemhannas, Jenderal TNI Purn Agum Gumelar.

Dalam sambutannya, Rachmat Harsono mengatakan, merujuk Visi Ikal Lemhannas sebagaimana tertuang dalam Anggaran Dasar yakni Terwujudnya partisipasi nyata IKAL-Lemhannas di segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi tercapainya kepentingan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka  sesungguhnya peran IKAL-Lemhannas Jawa Timur sungguh sangat luas dan bisa disemua aspek kehidupan.

Dengan demikian, maka semua anggota IKAL-Lemhannas dimungkinkan untuk memberikan kontribusi sesuai kapasitas dan kompetensinya masing-masing.

“Keluasan peran inilah yang diharapkan akan bisa semakin meningkat di periode periode berikutnya,” harap Rachmat.

Rachmat Harsono  menambahkan, dalam periode kepengurusan dihadapkan pada situasi yang semua masyarakat di dunia merasakan dampaknya, yakni masa Pandemi Covid-19. Situasi ini yang tidak pernah terbayangkan dan ramalkan saat kepengurusan ini dibentuk. Sehingga dengan sendirinya beberapa program dan kegiatan menjadi tidak bisa dikelola sebagaimana diharapkan.

Justru, di masa sulit inilah segenap jajaran pengurus dengan segala keterbatasan dalam bingkai semangat dan pengabdian tanpa batas membuat aktivitas dan kegiatan untuk menjawab kebutuhan masyarakat. “Beberapa kegiatan berhasil kita lakukan untuk merespon persoalan yang ada dalam masyarakat. Baik berupa kegiatan yang mengedepankan pemikiran strategis, ataupun kegiatan kegiatan nyata untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan juga kegiatan-kegiatan yang berdimensi sosial kemanusiaan,” paparnya.

Ke depan, kata Rachmat, Tugas DPD IKAL-Lemhannas Jatim dapat terus memberikan sumbangsih pemikiran kepada para pemimpin daerah, untuk mengenali dengan benar permasalahan yang dihadapi sekaligus memberikan solusi  bagaimana cara pemecahan. IKAL Lemhannas sebagai organisasi yang berwatak pejuang dan berwatak negarawan, maka para pengurus dan para anggota akan terus berpikir dan berbuat untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Tahapan Pemilu 2024 sudah mulai digelar. Tentu kita tahu dan menyadari betapa fase menuju Pemilu 2024 akan menjadi fase penting dalam membangun demokrasi di tanah air,” sebutnya.

Dalam konteks kehidupan sosial dan politik yang seperti itu, maka menjadi tantangan dan sekaligus peluang bagi DPD IKAL-Lemhannas Jatim dapat berkontribusi dalam membangun demokrasi Indonesia. IKAL-Lemhannas Jatim  akan terus memberi kontribusi positif dan meletakkan dasar demokrasi yang baik dengan misalnya dewasa dalam berdemokrasi, bahwa perbedaan dalam pemilihan bersifat sementara, perbedaan dalam pemilihan akan berakhir dan harus berakhir ketika pemilihan tersebut selesai.

“Tugas sekarang dan ke depan adalah merajut kembali persatuan untuk bisa mengawal perjalanan bangsa Indonesia menuju ke yang dicita-citakan bangsa Indonesia,” pungkasnya. (pca/n)

#Lemhannas RI