Selasa, 30 April 2024

Achmad Teguh Wibowo, Satu - satunya Atlet Gantolle yang Dipunyai Bojonegoro

Diunggah pada : 20 Juni 2022 13:08:54 88
Achmad Teguh Wibowo, atlet Gantole yang dipunyai Bojonegoro

Jatim Newsroom - Bojonegoro menyertakan satu atlet di Cabang Olahraga (Cabor) Gantolle melalui nama Achmad Teguh Wibowo dan merupakan satu-satunya atlet Gantole Yang dipunyai Bojonegoro dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke VII Jawa Timur tahun 2022.

Achmad Teguh Wibowo merupakan atlet Gantolle asal Desa Banjarejo Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro kelahiran tahun 1989 namanya cukup dikenal di Cabor Gantolle Jawa Timur.

Teguh menjelaskan olahraga Gantolle sendiri merupakan olahraga yang penuh tantangan dan resiko.

“Awal mulai mengenal gantolle adalah saat kuliah di Universitas Negeri Surabaya.  Saat itu saya mengikuti diklat dan mulai tertarik dengan olahraga yang tergabung dalam Federasi Aero Sport Indonesia atau Fasi, sekitar tahun 2010-an, " jelas Teguh,

"Sampai saat ini saya sudah mengikuti tiga kali Pekan Olahraga Nasional. Di mulai dari PON di Riau tahun 2012 berhasil mempersembahkan Perak bagi Jawa Timur. Sementara di PON Jawa Barat tahun 2016 berhasil meraih medali perunggu. Di PON Papua saya tidak memperoleh medali,’’ ucap Teguh, Minggu (19/6/2022)

Teguh bangga di Porprov Jatim ke VII Tahun 2022 ini  Gantolle mulai diperlombakan meski hanya eksebisi.  Teguh berharap olah raga Gantolle bisa dilombakan secara resmi.

"Di Jawa Timur hanya ada lima belas kabupaten yang punya atlet gantolle dan Bojonegoro salah satunya, serta satu satunya saya,’’ jelas Teguh.

"Olahraga gantolle di Bojonegoro masih asing serta membutuhkan keberanian terbang dan tantangan tersendiri. Sempat ada beberapa yang berminat namun setelah melihat prosesnya banyak yang mundur dengan berbagai alasan. Padahal alat disediakan juga gratis, ini berbeda dengan Jawa Barat meski bayar jutaan tapi banyak peminat,’’ jelasnya.

"Dalam Porprov ini, Empat belas nomor yang dilombakan dirinya mengikuti tujuh lomba. Di antaranya adalah lama terbang, ketepatan mendarat, lintas alam bebas serta sambar pita, semuanya di kelas A,’’ terangnya.

Ketua KONI Kabupaten Bojonegoro Ali Mahmudi berharap, meski Gantolle dalam Porprov ini diperlombakan meski hanya eksebisi, Teguh tetap harus berjuang maksimal. Dan dia titip agar bisa mengkader atlet Gantolle di Bojonegoro sehingga akan muncul Teguh-teguh yang lain. ‘’Ini penting sekali dan itu pesen saya,’’ katanya. (yan)

#bojonegoro