Minggu, 5 Mei 2024

76 Mahasiswa Universitas Muria Kudus Belajar Teknik Informatika di Diskominfo Jatim

Diunggah pada : 5 September 2023 13:26:58 74
Kabid Infrastruktur TIK Diskominfo Jatim, Gugi A Wicaksono (tiga dari kanan) saat sesi foto bersama Kaprodi dan para dosen Teknik Informatika Universitas Muria Kudus, di Lt. 4, R. Anjasmoro, Dinas Kominfo Jatim, Surabaya, Selasa (5/9/2023). Foto : Rafli / JNR

Jatim Newsroom – Guna mempelajari implementasi teknik informatika secara langsung, sejumlah 76 mahasiswa semester lima dari Universitas Muria Kudus, mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim), di Surabaya, Selasa (5/9/2023). 

Mewakili Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, kunjungan 76 mahasiswa tersebut disambut oleh Kepala Bidang (Kabid) Infrastruktur TIK Diskominfo Jatim, Gugi A Wicaksono. Dalam sambutannya, Gugi menyampaikan, Dinas Kominfo Jatim ini merupakan salah satu perangkat daerah di bawah Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), yang mempunyai tiga tugas utama. 

“Tiga tugas utama itu, yakni komunikasi dan informatika, keamanan informasi, dan data statistik. Karena adik-adik ini berasal dari jurusan teknik Informatika, mungkin akan lebih banyak penjelasan dari narasumber terkait informatikanya. Jadi mungkin nanti juga disinggung mengenai keamanan informasi di Provinsi Jawa Timur,” tutur Gugi. 

Lebih lanjut, Gugi menerangkan, tanggung jawab Diskominfo Jatim terkait teknik informatika ini ialah dalam hal pengembangan aplikasi, jaringan, data center, dan keamanan informasi. 

“Narasumber untuk saat ini ada dua yaitu, Nofian Adi yang akan menjelaskan tentang infrastruktur TIK, dan I Wayan Rudy Artha yang akan menjelaskan tentang pengembangan aplikasi. Nanti saya harapkan adik-adik ini dapat sesuatu yang bisa dibawa ke kampus masing-masing silahkan tanyakan apa saja yang berkaitan dengan penjelasan para narasumber,” terangnya. 

Terkait program keamanan informasi, Gugi menjelaskan, di Dinas Kominfo Jatim ini memiliki tim yang bernama Computer Security Incident Response Team (CSIRT). 

“Kegiatan-kegiatan yang terkait dengan keamanan informasi itu menjadi tanggung jawab dari Tim CSIRT sendiri. Jika ada serangan-serangan keamanan informasi tim CSIRT ini lah yang menangani. Untuk data center, kami juga sudah memiliki sertifikat ISO sistem manajemen keamanan informasi. Begitulah yang dapat saya sampaikan saya ucapkan selamat belajar dan semoga kunjungan ini bermanfaat,” kata Gugi. 

Sementara itu, Kepala Prodi (Kaprodi) Jurusan Teknik Informatika Universitas Muria Kudus, Mukhamad Nurkamid, menjelaskan, kunjungan mahasiswanya ke Diskominfo Jatim ini adalah sebagai aktualisasi bagian dari capaian Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dengan bobot 1 SKS. Dikatakannya, kunjungan ini juga sebagai bekal mahasiswa Prodi Teknik Informatika menambah pengetahuan dengan melihat secara langsung implementasi TIK dan Informatika di Dinas Kominfo Jatim.

“Dari kunjungan ini, mahasiswa program studi diharapkan dapat menambah pengetahuan, melihat secara langsung implementasi teknik informatika di instansi, khususnya dalam hal ini Dinas Kominfo Jatim. Kami memilih Dinas Kominfo Jatim sebagai perangkat daerah yang dikunjungi mahasiswa, adalah karena saya melihat pengelolaan TIK-nya Provinsi Jawa Timur lebih baik, sehingga kita perlu menimba ilmu secara langsung bagaimana implementasi sesungguhnya TIK di Pemerintah Daerah,” jelas Mukhamad Nurkamid. 

Melalui kunjungan ini, Nurkamid mengungkapkan, selanjutnya para mahasiswa diharapkan bisa menyelesaikan laporan KKL-nya dengan baik sebagai wujud tanggung jawabnya untuk memenuhi nilai akademik. 

Nurkamid berharap, melalui kunjungan ini Diskominfo Jatim dapat memberikan bimbingan dan ilmu pengetahuan terkait teknik informatika, supaya para mahasiswa bisa memberikan gambaran secara konkret dan faktual, mengenai implementasi teknologi informasi dan komunikasi.

“Kesan saya dari sambutan kunjungan ini sangat baik sesuai dengan harapan. Karena banyak sekali mahasiswa kami yang bisa belajar secara langsung kepada Diskominfo Jatim bagaimana implementasi TIK di instansi pemerintahan. Semoga kerja sama ini bisa berlanjut, karena kita tahu untuk pengembangan itu tidak bisa satu arah harusnya dua arah sehingga harapannya ke depan bisa kita tingkatkan untuk kerja sama yang lain,” harap Nurkamid. 

Salah satu mahasiwa bernama Nabila menyampaikan, dari kunjungan ke Diskominfo Jatim ini, Ia mengaku bersyukur bisa mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat. “Semoga ke depannya Kominfo Jatim bisa lebih jaya dan lebih mampu dalam menangani beberapa permasalahan, sehingga bisa mendapatkan solusi dan hasil yang terbaik,” kata Nabila. (vin-mik/s) 

#mahasiswa #Diskominfo Jatim #Dinas Kominfo Jatim #kunjungan #teknik informatika