Rabu, 8 Mei 2024

64 Warga Pasuruan Dapatkan Pelatihan Keterampilan dari UPT Latihan Kerja Daerah

Diunggah pada : 22 Maret 2024 11:09:29 19
Foto : Kominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsroom Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja Daerah (UPT LKD) Kabupaten Pasuruan memberikan pelatihan kepada 64 warga yang belum memiliki pekerjaaan alias pengangguran  dengan pelatihan tata rias, pembuatan roti kue dan menjahit.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Pasuruan hari ini, Jumat (22/3/2024), khusus untuk pelatihan tata rias, total ada dua kelas yang dibuka dengan masing-masing kelas berisikan 16 peserta. Sedangkan menjahit dan pembuatan roti kue masing-masing hanya satu kelas.

Kepala UPT LKD Kabupaten Pasuruan, Umiasih Indrawati mengatakan, para peserta pelatihan mayoritas merupakan korban PHK perusahaan dan yang lainnya adalah baru lulus SMA atau SMK. Pelatihan dilaksanakan selama 30 hari, terhitung 15 Februari - 22 Maret 2024.
Selama pelatihan, seluruh peserta mendapatkan fasilitas berupa makan minum, seragam 2 setel, uang transport hingga obat-obatan serta kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

"Uang transport sehari kami beri Rp 60 ribu, dan kalau dikalikan 30 hari berarti Rp 1,8 juta dan kami berikan ketika hari terakhir pelatihan," kata Umi.

Ditargetkan, para peserta pelatihan akan punya cukup skill. Sehingga diharapkan bisa menjadi bekal untuk memiliki usaha mandiri.

Ro'sul Humaidah, salah satu peserta pelatihan tata rias dari Desa Jarangan, Kecamatan Rejoso mengaku banyak mendapatkan ilmu make up dari instruktur yang khusus didatangkan dari Lembaga Kursus Pendidikan atau LKP. Usai pelatihan berakhir, ia bertekad untuk menjadi seorang make up artist demi dapat membiayai ketiga anaknya.

"Mulai dari membuat alis sampai make up bold saya bisa sekarang. Semoga ini jadi ladang rejeki saya," ungkapnya. (yan/s)

#kabupaten pasuruan