Sabtu, 27 April 2024

2021 di Jatim, Penduduk Perkotaan Miliki Jaminan Kesehatan Lebih Banyak

Diunggah pada : 24 Agustus 2022 15:27:09 239
Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim) mencatat, di tahun 2021, persentase penduduk yang memiliki jaminan kesehatan lebih banyak terdapat di daerah perkotaan sebesar 67,86 persen dibandingkan di daerah perdesaan yang sebesar 58,41 persen.

Melansir laman resmi BPS Jatim dalam laporan Statistik Kesehatan Provinsi Jawa Timur, pada tanggal 24 Agustus 2022, Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan menjelaskan bahwa data tersebut menunjukkan tingkat kesadaran penduduk di perkotaan akan pentingnya memiliki jaminan kesehatan lebih tinggi dibandingkan penduduk di daerah perdesaan.

“Di samping itu tersedianya berbagai jenis penyedia layanan jaminan kesehatan di perkotaan memudahkan penduduk untuk memiliki jaminan kesehatan, meskipun saat ini sudah tersedia jaminan kesehatan nasional yang cakupannya hingga daerah perdesaan,” kata Dadang.

Kesadaran akan pentingnya memiliki jaminan kesehatan telah dimiliki oleh lebih dari separuh penduduk Jawa Timur baik itu laki-laki maupun perempuan. Hal tersebut terlihat dari persentase penduduk laki-laki dan penduduk perempuan yang memiliki jaminan kesehatan masing-masing sebesar 63,02 persen dan 64,14 persen.

“Jaminan kesehatan dewasa ini merupakan suatu kebutuhan yang harus terpenuhi, untuk memudahkan dalam mendapatkan layanan kesehatan, terlebih jika itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Itu sebabnya penduduk Jawa Timur dengan berbagai status ekonomi memiliki jaminan Kesehatan,” lanjut Kepala BPS Jatim. (idc/n)

#BPS Jatim #jaminan kesehatan