Sabtu, 18 Mei 2024

1.610 Atlet Ikuti Kejuaraan Pencak Silat Pasuruan Martial Art Championship 2023

Diunggah pada : 25 Agustus 2023 14:48:20 987
Foto : Kominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsroom – Sebanyak 1.610 atlet yang berpartisipasi Kejuaraan Pencak Silat Pasuruan Martial Art Championship 2023 yang digelar di GOR Sasana Krida Anoraga, Raci Bangil. Kejuaraan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Jum’at (25/8/2023) hari ini.

Pembukaan Kejuaraan Pencak Silat ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Irsyad, dan dilanjutkan dengan penampilan dari salah satu pelatih pencak silat di Kabupaten Pasuruan.

Ketua Umum IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kabupaten Pasuruan, Hadi Mulyono, mengatakan, kejuaraan ini tidak hanya diikuti oleh atlet dari Kabupaten Pasuruan, namun ada yang dari daerah tetangga seperti Kota Pasuruan, Probolinggo, Malang, Mojokerto, serta beberapa dari Kediri, Jombang dan lainnya.

"Paling banyak memang dari Kabupaten Pasuruan, tapi yang dari luar Pasuruan juga lumayan banyak," katanya.

Dijelaskan Hadi, para peserta dibagi menjadi beberapa kategori. Mulai dari usia dini, SD, SMP, SMA sederajat hingga mahasiswa. Sedangkan pertandingannya sesuai dengan nomor kelas yang diikuti dan akan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, yakni 24-26 agustus 2023.

"Kelas ini dibagi sesuai bobot badannya. Contohnya kelas E dengan bobot 65-70 kilogram," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Irsyad berpesan kepada seluruh atlet agar senantiasa menjunjung tinggi sportifitas selama pertandingan.

Selain itu, ia juga berharap agar semua peserta tidak ada yang mengalami cedera yang serius saat bertanding face to face.

"Karena pencak silat ini adalah seni bela diri. Jadi bagaimana caranya supaya bisa melumpuhkan lawan sampai dapat poin kemenangan yang lebih banyak," harapnya. 

Dengan banyaknya peserta yang ikut kejuaraan, Bupati Irsyad mengajak masyarakat untuk mencintai pencak silat ataupun seni bela diri yang lain sebagai bagian dari warisan bangsa. 

"Karena sejak kecil saya sudah jadi bagian dari pencak silat. Karena seni bela diri itu adalah warisan bangsa dan leluhur kita. Sehingga seyogyanya wajib kita cintai dan kita jaga sampai kapanpun," ucapnya. (yan/s)

 

 

#kabupaten pasuruan