Kamis, 2 Mei 2024

Koarmada II dan Pemkot Surabaya Siapkan 25 Ribu Vaksin Gratis Untuk Warga Surabaya

Diunggah pada : 29 Juli 2021 15:30:13 8

Jatim Newsroom - Koarmada II bekerjasama dengan Pemkot Surabaya menggelar serbuan vaksinasi khusus untuk warga Surabaya di wilayah Kecamatan Dukuh Pakis, Wonokromo, dan Sawahan. Vaksinasi massal dengan jumlah 25 ribu doais vaksin Sinovak itu digelar di Stadion Gelora Pancasila, Kamis (29/7/2021). 
 
Vaksin tersebut dibagikan selama dua hari yakni tanggal 29 -30 Juli 2021. Per harinya ditargetkan sebanyak 12.500 dosis yang disuntikkan pada warga di tiga kecamatan. Sementara Pemkot Surabaya memfasilitasi Stadion Gelora Pancasila sebagai lokasi vaksinasi massal juga pengerahan masyarakat utamanya bagi warga yang belum melaksanakan vaksin dosis pertama. 
 
Untuk kelancaran vaksinasi, dilibatkan 406 tenaga kesehatan yang terdiri dari 106 tenaga kesehatan TNI Angkatan Laut dan sekitar 300 tenaga kesehatan dari Dinkes Surabaya. Sebelum pukul 06.00 WIB antrean masyarakat terlihat sudah memanjang di pintu gerbang stadion. Mereka rela datang lebih awal agar kebagian vaksin. 
 
Antusiasme warga itu disikapi dengan kesigapan petugas yang segera mengatur dan mengarahkan warga dari sejak mendaftar hingga entry data setelah divaksin agar tidak terlalu lama menunggu. Demi kenyamanan, panitia telah menyiapkan dua tenda besar sebagai tempat vaksinasi. 
 
Disamping itu petugas mulai dari kesehatan, keamanan, hingga kebersihan banyak disiagakan agar serbuan vaksinasi berjalan lancar. Di lokasi juga telah disiapkan booth yang bisa digunakan warga untuk berfoto usai vaksin. 
 
Vaksinasi ditinjau langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto dan Walikota Surabaya Eri Cahyadi. Laksda Iwan berharap vaksinasi massal bagi warga Surabaya yang sama sekali belum menerima vaksin dosis pertama ini dapat mempercepat tercapainya herd immunity atau kekebalan kelompok sebagai upaya melawan virus Covid-19 bersama-sama. 
 
Ia juga meminta supaya warga tidak percaya dengan adanya isu yang menyebutkan bahwa vaksin itu membawa hal-hal yang tidak baik, vaksin itu tidak halal, dan menyebabkan kematian. Menurutnya, itu semua berasal dari orang yang tidak suka dengan adanya vaksin, sehingga ia meminta warga untuk tidak mudah percaya isu tersebut. 
 
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyampaikan terima kasih banyak kepada Pangkoarmada II mewakili pribadi dan mewakili warga Kota Surabaya. Sebab, sudah bersedia memberikan vaksin Covid-19 kepada warga Kota Surabaya. Sekaligus memperkenalkan salah satu fasilitas olah raga milik pemkot yakni  Lapangan Thor untuk Sepak Bola dan juga Athletik. 
 
Secara khusus Koarmada II telah melaksanakan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim di Pulau Sapeken, Lamongan, dan saat ini di Pulau Bawean. "Intinya kami hanya melaksanakan perintah Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono untuk membantu pemerintah mewujudkan target satu juta vaksin sehari. Kami bersinergi bersama pemerintah daerah setempat melaksanakan serbuan vaksinasi massal," ujar Laksda Iwan. (afr/n)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait