Sabtu, 27 April 2024

Ketua TP PKK : Program Pokok PKK Untuk Berdayakan Keluarga

Diunggah pada : 24 November 2020 19:40:24 157

Jatim Newsroom - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak saat menghadiri pembukaan Gerakan Pencanangan Monitoring Terpadu Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana Kesehatan Tahun 2020 mengatakan, gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dengan 10 program pokoknya bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan. 
 
Pemberdayaan tersebut dapat menjadi senjata ampuh dalam mengatasi masalah kesehatan, seperti angka kematian ibu, stunting, penyakit tidak menular. Serta ditambah lagi masalah pandemi Covid-19 yang belum usai, yang membuat PKK harus berupaya lebih untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat agar berperilaku sehat.
 
“Kita harus akui bersama bahwa upaya pemerintah provinsi Jawa Timur melalui program Jatim cerdas dan Jatim sehat dalam nawa bhakti satya cukup memberikan dampak yang signifikan dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat di Jawa Timur,” ujar Arumi Bachsin Emil Dardak di Gedung Bhinaloka Kantor Gubernur Jatim Jln Pahlawan, Surabaya, Selasa (24/11/2020).
 
Dikatakan Arumi, segala upaya yang telah dilakukan pemerintah ini harus diimbangi dengan pemberdayaan keluarga sebagai roda penggerak masyarakat melalui kesatuan gerak PKK bangga kencana kesehatan yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat desa.
 
Gerakan ini secara implementatif akan menggerakkan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, menjaga lingkungan bersih dan sehat, menjaga kesehatan ibu dan balita, serta perencanaan keluarga sejahtera, yang apabila dilaksanakan dengan optimal dapat menjadi jawaban dalam mengatasi permasalahan - permasalah kesehatan terutama pandemi Covid 19.
 
Ia pun mengajak seluruh penggerak PKK sepakat untuk bersama mengajak masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat, menjaga lingkungannya agar bersih dan sehat. Masyarakat berperan aktif memantau kesehatan balitanya melalui posyandu serta merencanakan keluarga yang sehat dan sejahtera dengan keluarga berencana, maka keterpaduan ini kita nyatakan melalui Gerakan PKK - Bangga Kencana - Kesehatan.
 
“Saya mengucapkan terima kasih kepada lintas sektor yang telah bermitra dengan tim penggerak PKK dan selanjutnya agar pelaksanaan kegiatan PKK - Bangga Kencana - Kesehatan ini dapat berjalan dengan lancar. Maka kami sangat berharap dapat selalu berkoordinasi dan memberikan dukungan tidak hanya di tingkat provinsi namun juga di kabupaten/kota, kecamatan bahkan sampai di tingkat desa atau kelurahan,” harapnya.(ryo/s) 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait