Senin, 6 Mei 2024

GUBERNUR LANTIK LIMA PJ BUPATI DAN WALIKOTA

Diunggah pada : 28 September 2015 15:44:30 43

Gubernur Jawa Timur Soekarwo, hari ini Senin (28/9) melantik lima orang Penjabat (Pj) Bupati dan Walikota di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Kelima Pj tersebut, yakni Kepala Inspektorat Jatim, Nurwiyatno sebagai Pj Walikota Surabaya dan Asisten I Bidang Pemerintahan Setdaprov Jatim, Zainal Muhtadien sebagai Pj Bupati Situbondo.

Selain itu, dilantik pula Kadis PU Bina Marga Provinsi Jatim Supaad sebagai Pj Bupati Jember, Kepala Bandiklat Jatim Akmal Budianto diangkat sebagai Pj Bupati Gresik, serta Kepala Baperpusarsip Jatim Sujono sebagai Pj Bupati Ngawi.

Dilantiknya kelima pejabat eselon II Pemprov Jatim tersebut menggantikan posisi Bupati dan Walikota yang telah memasuki masa purna tugas sebelum digelar Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Dari lima bupati/walikota yang purna tugas, terdapat satu jabatan Walikota-Wakil Walikota Surabaya, Tri Rismaharini-Wishnu Sakti Buana.

Untuk jabatan bupati-wakil bupati ada empat, yakni Bupati-Wakil Bupati Ngawi Budi Sulistiyono-Oni Anwar, Bupati-Wakil Bupati Situbondo Dadang Widiarto-Rahmat, Bupati-Wakil Bupati Jember MZA Djalal-Khusen Andalas, serta Bupati-Wakil Bupati Gresik Sambari Halim-M Qosim.

Usai melantik, Soekarwo meminta pada para Pj Bupati Walikota agar bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya. “Saya percaya (seluruh Pj Bupati dan Walikota) akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai tugas dan tanggung jawab," kata Soekarwo saat memimpin pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Pj kelima daerah.

Ia pun menegaskan pada Pj Bupati/Walikota agar terus mendorong kekuatan kerjasama dengan forum komunikasi pimpinan daerah, silaturahmi dengan pimpinan dan anggota DPRD. “Silaturahmi ini untuk memperkuat kerjasama dengan DPRD dalam menjalankan fungsi pemerintahan," kata Soekarwo.

Gubernur yang biasa disapa Pakde Karwo juga menyampaikan terima kasih kepada bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota yang menjabat dan berakhir masa jabatannya. "Maka suasana menjelang pilkada yang kondusif dan tidak gaduh adalah tugas Pj, karena itu Pj mendatangi daripada didatangi DPRD, tokoh agama dan tokoh masyarakat," jelasnya.

Kelima daerah yang kini dipimpin Pj Bupati/Walikota tersebut akan menggelar Pilkada 9 Desember 2015. Pj dapat bertugas dan menjabat paling lama satu tahun terhitung sejak dilantik pada 28 September 2015.

Sementara itu, penekanan juga dilakukan Soekarwo pada Pj Walikota Surabaya Nurwiyatno agar selalu menjaga suasana kondusif. Menurut Soekarwo, suasana kondusif harus dijaga hingga terpilih dan dilantiknya kepala daerah hasil Pilkada serentak. "Jangan sampai terjadi kegaduhan," tegasnya. (afr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait