Jumat, 20 September 2024

YKAI Jatim Gelar Beragam Kegiatan Bagi Anak di Kampung Bakat Surabaya

Diunggah pada : 11 Agustus 2024 20:54:45 96
Seluruh peserta lomba fashion show anak-anak saat foto bersama di acara yang digelar YKAI di di Kampung Bakat, Sonokwijenan, Surabaya, Minggu (11/8/2024). Foto : Vivin

Jatim Newsroom - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79, Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI) Provinsi Jawa Timur mengadakan beragam kegiatan yang ditujukan kepadan anak-anak di Kampung Bakat, Sonokwijenan, Surabaya, Minggu (11/8/2024). Beragam kegiatan tersebut, di antaranya lomba fashion show, pertunjukan badut dan pemeriksaan telinga gratis. 

Beragam kegiatan bagi anak yang juga diadakan untuk merayakan Hari Anak Nasional ini, merupakan hasil kerjasama YKAI dengan beberapa pihak lain seperti Universitas Ciputra (UC) Surabaya dan Sahabat Masyarakat Berdaya (SAMADA).

Saat ditemui, Ketua YKAI Jawa Timur, Satiti Kuntari mengungkapkan, kegiatan yang mengangkat tajuk 'Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia' ini merupakan sarana hiburan sekaligus edukasi kepada anak menjelang HUT RI pada 17 Agustus 2024 nanti.

"Kita dari YKAI pasti selalu menyambut serta mendukung segala aktivitas dan kegiatan yang berhubungan dengan kesejahteraan anak, salah satunya melalui kegiatan lomba seperti ini," ucap Satiti.

Menurut Satiti, setiap anak harus menerima edukasi sedini mungkin, namun dalam pemberiannya tetap harus memperhatikan kesejahteraan sang anak agar tidak memberikan tekanan kepada anak yang bisa menimbulkan efek negatif.

"Karena edukasi itu tujuannya agar memberikan bekal dan manfaat bagi anak di masa depan, bukan memberikan mereka tekanan apalagi trauma," tukasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Ketua Panitia kegiatan Aurellia Agatha Sylvia menjelaskan, lomba fashion show yang diadakan bagi anak ini bermanfaat untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak-anak.

"Kegiatan seperti ini dapat melatih kecerdasan sosial mereka, agar nanti anak-anak bisa berinteraksi dengan teman-temannya maupun orang yang lebih tua dengan lebih baik dan pede," terang Aurellia.

Proses pemeriksaan telinga gratis bagi anak di di Kampung Bakat, Sonokwijenan, Surabaya, Minggu (11/8/2024). Foto ; Vivin

Alasan pemilihan lokasi kegiatan sendiri, dikatakan Aurellia, dikarenakan Kampung Bakat Sonokwijenan yang memiliki fokus pemberdayaan kepada anak-anak, yang erat hubungannya dengan semangat YKAI.

"Tentu dengan kegiatan ini, harapannya anak-anak mampu memberdayakan serta mengenali bakat minat dirinya sendiri agar bisa menjadi inspirasi anak-anak lainnya untuk bersama-sama melewati tantangan mewujudkan Indonesia Emas 2045," kata Aurellia.

Setelah melakukan kegiatan, diketahui untuk melatih bakat anak dalam kegiatan ini, di bulan Desember 2024 mendatang YKAI juga berencana melatih wawasan kebangsaan anak-anak di Kampung Bakat, yakni lagu anak, kisah para pahlawan, dan nilai-nilai Pancasila.

Sebagai informasi, pada kegiatan perlombaan ini juga sekaligus dilakukan peluncuran Kios Usaha Bersama Anak (KUBA) hasil kerjasama antara UC, YKAI dan SAMADA.

Kepala LPPM UC, Prof. Wirawan Endro Dwi Radianto menerangkan, KUBA sendiri adalah inovasi yang memberikan kesempatan anak-anak untuk menjalankan usaha kecil dalam bentuk kios yang menyediakan produk-produk hasil karya mereka sendiri atau barang-barang pilihan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar lokal.

"Tujuannya adalah untuk mendidik dan memberikan pembelajaran bagaimna cara berwirausaha sejak dini, mulai dari mengelola keuangan hingga mengelola bisnis," ujar Prof. Wirawan.

Ia menuturkan, kehadiran KUBA diharapkan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas. "Sehingga dapat mendukung perekonomian lokal melalui produk-produk yang dihasilkan oleh anak-anak," pungkasnya. (vin/s)

#HUT Kemerdekaan RI Ke - 79 #YKAI #Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia

Berita Terkait

Lewat Program Bangga Kencana
BKKBN Jatim Siap Songsong Nusantara Baru
18 Agustus 2024
thumb
Rangkaian Anniversary ke-7 Tahun IPI
Ikatan Pelukis Indonesia Adakan Seminar...
18 Agustus 2024
thumb
HUT Kemerdekaan RI ke-79
Begini Sejarah Proses Penyebaran Kabar P...
11 Agustus 2024
thumb
HUT Kemerdekaan RI Ke-79
Cara Unik Rayakan Momen Kemerdekaan Indo...
10 Agustus 2024
thumb