Jumat, 20 September 2024

HUT Kemerdekaan RI ke-79

Begini Sejarah Proses Penyebaran Kabar Proklamasi Kemerdekaan RI

Diunggah pada : 11 Agustus 2024 23:43:48 1529
Dok. JNR Kominfo Jatim

Jatim Newsroom - Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ditandai dengan peristiwa Proklamasi pada 17 Agustus 1945, menjadi momen bersejarah yang harus diabadikan dan dikabarkan ke masyarakat luas kala itu. Proses penyebaran kabar berita terjadinya Proklamasi Kemerdekaan RI memiliki kisah sendiri di dalamnya yang masyarakat sebagai warga negara Indonesia perlu ketahui. 

Berdasarkan Kemendikbudristek RI dan Kemenkominfo RI, penyebaran berita proklamasi kemerdekaan Indonesia menggunakan berbagai media, mulai dari mulut ke mulut, telegram, radio, dan surat kabar. 

Saat itu, teks proklamasi diterima kantor berita Domei (kini Antara) Jawa Barat di Bandung pada pukul 12.00 WIB, tanggal 17 Agustus 1945, dan disebarkan melalui telegram.

Kabar kemerdekaan Indonesia, juga disiarkan Yusuf Ronodipuro melalui radio Jepang, Hoso Kyoku. Karena keberaniannya tersebut, Yusuf disiksa tentara Jepang, dan kemudian siaran radio itu ditutup. 

Sedangkan, untuk penyebaran berita proklamasi ke luar negeri dilakukan secara sembunyi-sembunyi oleh Adam Malik cs melalui peralatan milik kantor berita Domei.

Penyebaran Kabar Kemerdekaan di Jawa Timur

Berdasarkan Kemendikbudristek RI, penyebaran kabar kemerdekaan di Provinsi Jawa Timur, diawali pada 18 Agustus 1945 pukul 19.00 WIB. Saat itu, Radio Surabaya menyiarkan teks proklamasi dalam Bahasa Madura dengan alasan bahasa tersebut tidak dimengerti oleh pihak Jepang.

Selain Radio Surabaya, siaran Soerabaja Hosokyoku mengenai berita proklamasi diterima masyarakat di Kota Malang dan Madiun. 

Lalu, kota lain di Jawa Timur yang menerima berita proklamasi kemerdekaan adalah Bojonegoro. Masyarakat di kota ini sempat ragu dengan kebenaran berita kemerdekaan yang diralat pemerintah Jepang. 

Di Kota Kediri, kendati kemerdekaan telah diproklamasikan pada 17 Agustus 1945, namun hingga akhir bulan Agustus 1945 tentara Jepang masih sangat berkuasa di wilayah itu. 

Meski terkesan ditutupi, berita proklamasi kemerdekaan secara perlahan tetap tersebar di Kota Kediri. Harian Soeara Asia yang terbit di Surabaya mempublikasikan berita kemerdekaan sebagai headline. (vin/s)

#HUT Kemerdekaan RI Ke - 79

Berita Terkait

Lewat Program Bangga Kencana
BKKBN Jatim Siap Songsong Nusantara Baru
18 Agustus 2024
thumb
Rangkaian Anniversary ke-7 Tahun IPI
Ikatan Pelukis Indonesia Adakan Seminar...
18 Agustus 2024
thumb
HUT Kemerdekaan RI Ke-79
Cara Unik Rayakan Momen Kemerdekaan Indo...
10 Agustus 2024
thumb