Jumat, 20 September 2024

Pj. Gubernur Adhy Kukuhkan Paskibraka Provinsi Jatim 2024

Diunggah pada : 16 Agustus 2024 21:14:55 217
Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono saat mengukuhkan anggota Paskibraka Provinsi Jawa Timur Tahun 2024, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (16/8/2024). Foto : Wahyu / JNR

Jatim Newsroom - Guna mempersiapkan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 tahun Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang digelar besok 17 Agustus 2024, Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono secara resmi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2024, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (16/8/2024).

Dalam arahannya, Pj. Gubernur Adhy menyampaikan, upacara pengibaran bendera pada HUT Kemerdekaan RI ke-79 merupakan momen yang spesial dan sakral, untuk itu Pemprov Jatim dan seluruh masyarakat Jawa Timur menyerahkan tugas mulia ini hanya kepada para anggota Paskibraka yang berjumlah 64 orang supaya berjalan sukses dan lancar.

"Saya ucapkan selamat bertugas kepada 64 orang pasukan pengibar bendera pusaka yang telah dikukuhkan, inilah putra-putri terbaik yang akan membawakan bendera pusaka merah putih pada upacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 di Grahadi besok 17 Agustus 2024," tutur Adhy.

Lebih lanjut, Adhy menilai, bagi para anggota Paskibraka yang dikukuhkan, kesempatan semacam ini sangatlah istimewa karena tidak bisa diraih dan diberikan kepada semua orang atau hanya kepada siswa- siswa yang menjadi anggota Paskibraka terpilih di sekolahnya masing-masing.

"Kesempatan ini, hanya diberikan kepada orang-orang terpilih melalui seleksi yang ketat, dan perjuangan yang berat serta latihan yang sangat berat dalam satu bulan," tukasnya.

Sesuai dengan ikrar yang diucapkan selama pengukuhan, Adhy berharap, supaya poin-poin penting yang terkandung dalam ikrar tersebut dapat di pedomani, dihayati, dan dijalankan dengan sebaik-baiknya.

"Karena kalian adalah agen khsuus yang ditugaskan negara untuk menjaga dan memelihara nilai-nilai Pancasila yang nanti juga akan dilaksanakan oleh seluruh masyarakat Indonesia khususnya Jawa Timur. Tugas ini akan melekat, terlebih juga apabila upacara selesai maka atas bimbingan dan gemblengan dalam pelatihan Paskibraka, kalian juga akan dinobatkan sebagai duta Pancasila purna Paskibraka yang pengabdiannya terus sampai alhir hayat nanti," ujar Adhy.

Adhy pun mengucapkan, terima kasih dan apresiasi kepada seluruh orang tua dan keluarga anggota Paskibraka atas dukungan doa dan motivasi agar putra putrinya bisa menjalankan tugas ini dengan baik, sehat kuat, dan juga memberikan kontribusi yang membanggakan untuk negara khususnya pemerintahan Provinsi Jawa Timur.

Kepada para pembina, pembimbing, pelatih dan panitia, Adhy juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas segala dedikasi serta kesabaran dalam membimbing putra-putri terbaik Jawa Timur anggota Paskibraka ini untuk menjadi sosok pribadi yang tangguh, berwawasan Pancasila, dan menjadi teladan bagi masyarakat.

"Selamat bertugas adik-adik semua jaga kondisi kesehatan tetap fokus dan jangan lupa berdoa untuk kelancaran tugas mulia besok baik pengibaran bendera maupun penurunan bendera keberhasilan upacara bendera Pemprov Jatim berada di tangan kalian," ujar Adhy.

Adhy mengungkapkan, 64 Paskibraka ini telah melewati tahapan seleksi yang ketat dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono saat memberi arahan pada upacara Pengukugan Paskibraka Provinsi Jawa Timur Tahun 2024, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (16/8/2024). Foto : Wahyu / JNR

"Saya berpesan sebagai anggota Paskibraka, karena mereka sudah termasuk digembleng untuk menjadi agen pemuda yang memang harus menjaga, mengamalkan, dan memelihara nilai-nilai Pancasila di masyarakat. Nanti mereka juga menjadi agen yang ditugaskan untuk selanjutnya menjadi purna Paskibraka mengamalkan tugas-tugas itu," pungkas Adhy. (vin/hjr)

#pemprov jatim #paskibraka #HUT Kemerdekaan RI Ke - 79