Jumat, 20 September 2024

Universitas Brawijaya Gelar Forum Edukasi Optimalisasi Keterbukaan Informasi Perguruan Tinggi

Diunggah pada : 7 Juni 2023 11:42:42 20
Forum Edukasi Pimpinan Perguruan Tinggi di Universitas Brawijaya Malang, dengan tema " Optimalisasi Keterbukaan Informasi Publik Perguruan Tinggi", secara daring, Rabu (7/6/2023).

Jatim Newsroom- Dalam rangka meningkatkan keterbukaan informasi publik, Universitas Brawijaya menggelar forum edukasi pimpinan Perguruan Tinggi, dengan tema " Optimalisasi Keterbukaan Informasi Publik Perguruan Tinggi", secara daring, Rabu(7/6/2023).

Dalam forum tersebut Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Samrotunnajah Ismail menjelaskan Sebagai badan dan lembaga publik yang sumber dananya dari masyarakat, perguruan tinggi (PT) wajib memberikan informasi kepada masyarakat luas dengan jelas dan transparan. "Publik dapat mengawasi pengelolaan PT dengan baik, dan PT dapat termotivasi untuk bertanggung jawab dan berorientasi terhadap pengelolaan sistem informasi yang baik,"jelasnya.

Ia menambahkan, PT Sebagai badan publik wajib memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) untuk memberi jaminan kepada publik agar dapat menerima informasi yang tidak ditemukan dalam website Perguruan Tinggi yang bersangkutan. "Perlu diperhatikan pengelolaan pada aplikasi ataupun laman PPID agar informasi yang disajikan bukan informasi yang kedaluarsa. PT wajib memperhatikan Akses Informasi bagi seluruh Pihak tanpa terkecuali termasuk Sarana prasarana untuk kaum Disabilitas,"tambahnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Brawijaya Malang, Professor Widodo, berharap UB dapat mengikuti Undang Undang Keterbukaan Informasi, terlebih dalam proses melayani masyarakat untuk pemberian informasi dengan baik dan UB dapat menjadi pelayanan yang baik dalam pemberian informasi kepada publik.

Sedangkan, Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat Donny Yoesgiantoro berharap Universitas Brawijaya Malang mengoptimalkan dan meningkatkan keterbukaan informasi. Ia juga mengakui keterbukaan informasi untuk badan publik memang sanagat sulit tapi perguruan tinggi bisa melibatkan mahasiswa untuk membantu keterbukaan informasi.  "Dalam keterbukaan informasi perguruan tinggi diuntungkan dengan adanya mahasiswa, karena mahasiswa bisa menjadi agen publik dalam memberikan keterbukaan informasi,"ujarnya. (mad/hjr)

 

#universitas brawijaya

Berita Terkait

Pengelolaan Limbah Peternakan
UB Dampingi Pendirian Bank Kotoran Sapi...
13 Agustus 2024
thumb
Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional 2024
Tim ATOM FILKOM UB Matangkan Strategi Je...
1 Juli 2024
thumb