Jumat, 20 September 2024

Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional 2024

Tim ATOM FILKOM UB Matangkan Strategi Jelang KRI Tingkat Nasional 2024

Diunggah pada : 1 Juli 2024 13:56:32 37
Tim ATOM dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB)

Jatim Newsroom- Tim ATOM dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) terus mematangkan strategi mereka menjelang Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional tahun 2024. Setelah melalui serangkaian tahap seleksi yang sangat ketat, termasuk seleksi proposal, penilaian laporan kemajuan, penilaian video penampilan robot, dan seleksi tingkat wilayah, tim ini berhasil mencatatkan prestasi gemilang dengan mencetak 39 gol.

Prestasi ini menjadikan Tim ATOM sebagai salah satu finalis yang akan berkompetisi dalam Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, ajang nasional bergengsi yang akan diadakan secara luring di Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tanggal 3 hingga 8 Juli 2024.

Strategi yang diterapkan Tim ATOM tahun ini merupakan hasil dari penelitian kolaboratif dengan Laboratorium Robotika dan Embedded System. Strategi ini fokus pada peningkatan komunikasi antar robot yang lebih efisien serta peningkatan keseimbangan robot. Dalam kompetisi kali ini, Tim ATOM juga akan menggunakan lima robot, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya menggunakan dua robot. Dengan strategi ini diharapkan mereka mampu mencetak gol dengan poin tertinggi di kompetisi nanti.

Edita Rosana Widasari, selaku kepala Laboratorium Robotika dan Embedded System (Lab RES), Senin (01/7/2024) menyampaikan harapannya terhadap persiapan maksimal yang telah dilakukan oleh Tim ATOM. "Komunikasi antar robot dan keseimbangan sangat penting dalam pertandingan sepak bola robot. Kami telah melakukan berbagai pengujian dan simulasi untuk memastikan strategi ini berjalan optimal," ujarnya.

Gembong Edhi Setyawan, dosen pembimbing Tim ATOM, juga mengungkapkan optimisme dan dukungannya terhadap tim. "Selamat atas kelolosan Tim ATOM ke tingkat Nasional! Mari kita dukung dan doakan agar Tim ATOM bisa meraih hasil terbaik dan mencatatkan prestasi yang gemilang di Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional tahun 2024," katanya dengan semangat.

Tim ATOM FILKOM UB telah menunjukkan dedikasi dan kerja keras mereka dalam persiapan menuju ajang bergengsi ini. Dukungan dan harapan besar dari semua pihak diharapkan dapat mengiringi perjalanan mereka untuk meraih kesuksesan di KRI tahun ini. (jal/hjr)

#universitas brawijaya