Jumat, 20 September 2024

UB Jadikan Digital Humanities sebagai Center of Excellence

Diunggah pada : 24 Juni 2024 19:26:13 50

Jatim Newsroom - Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) telah menjadikan digital humanities sebagai pusat keunggulan (center of excellence). Dimulai dari lokakarya digital humanities bersama Dr. Miguel Escobar Varela dari National University of Singapore (NUS) yang diikuti oleh para dosen pada awal Juni 2024, FIB UB terus berupaya meningkatkan kontribusinya dalam pengembangan bidang tersebut.

Berbekal hasrat untuk terus berkembang dan menyebarkan manfaat bagi masyarakat, FIB UB menjalin kerja sama dengan NUS untuk mendigitalisasi Kajoetangan Heritage sebagai warisan kebudayaan Kota Malang. Proyek kerja sama ini melibatkan dosen dan mahasiswa dari kedua universitas yang akan berkolaborasi selama dua tahun ke depan untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam upaya pelestarian budaya Kota Malang.

Dr. Miguel Escobar Varela dan Mahasiswa NUS, Dr. Varela beserta tujuh mahasiswanya tiba di Kota Malang untuk melakukan kunjungan kerja. Agenda pertama yang dilaksanakan adalah pertukaran pengetahuan sebagai bekal untuk survei proyek kerja sama ini.

Perwakilan dari kedua universitas berkumpul di Aula Gedung A FIB UB dalam acara Kuliah Tamu dan Lokakarya berjudul "Documenting Cultures". Acara tersebut dibuka oleh Dekan FIB UB, Hamamah, Ph.D.

"Kami, FIB UB, tengah berupaya mengembangkan digital humanities. Belajar dari universitas-universitas lain di dunia internasional merupakan salah satu langkah awal yang kami ambil. Kami menginisiasi kolaborasi ini tahun lalu, dan lokakarya hari ini menandai dimulainya kerja sama antara FIB UB dan NUS," jelas Hamamah dalam keterangannya, Senin (24/6/2024).

Diceritakannya, selain Dr. Varela, acara tersebut juga turut menghadirkan Redy Eko Prastyo, S.Psi., M.I.Kom., penulis buku "Intelektual Kampung: Manifestasi Sinergitas Kampung Lingkar Kampus", sekaligus musisi kontemporer dan inisiator Kampung Budaya Cempluk, sebagai narasumber yang memaparkan materi mengenai budaya Kota Malang. (jal/hjr)

#universitas brawijaya

Berita Terkait

Pengelolaan Limbah Peternakan
UB Dampingi Pendirian Bank Kotoran Sapi...
13 Agustus 2024
thumb
Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional 2024
Tim ATOM FILKOM UB Matangkan Strategi Je...
1 Juli 2024
thumb