Jumat, 20 September 2024

Tinju Datangkan Dua Wasit Hakim Wanita Berlisensi IBA

Diunggah pada : 12 September 2023 13:14:36 242
Wasit Hakim Wanita di Cabor Tinju Porprov Jatim VIII/2023. Foto: Ridho/JNR

Jatim Newsroom – Cabang olahraga (cabor) Tinju dalam Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VIII/2023 menghadirkan dua wasit hakim wanita berlisensi International Boxing Association (IBA) dari luar Jawa Timur. 

Nisaul Mu’minah dan Sukmawati menjadi wasit hakim dari luar Jatim. Keduanya memimpin pertandingan cabor tinju yang digelar di Auditorium Universitas Darul Ulum Kabupaten Jombang. Pertandingan berlangsung dari tanggal 10-15 September 2023. 

Delegasi Teknis Tinju, Agung Samsul Hadi mengatakan kedatangan dua wasit hakim wanita ini bukan tanpa alasan. “Penunjukan wasit cabor tinju ini saya sampai mendatangkan dari luar Jawa Timur. Biar ada daya tarik, anak-anak Jatim ini mau ikut juga di bidang perwasitan,” ujarnya.

Nisaul Mu’minah merupakan wanita yang berasal dari Bengkulu, sedangkan Sukmawati berasal dari Makassar. Nisa meceritakan karir wasit hakim dimulai dari tahun 2010 tingkat daerah kemudian berproses hingga mendapatkan lisensi IBA. Ia pun pernah mewakili Indonesia menjadi wasit hakim kejuaran open tournament yang dihadiri 11 negara. 

“Kita berharap, one day akan ada event internasional nanti yang bisa menciptakan lagi wasit-wasit IBA khususnya wanita, sehingga nanti kita bisa berkiprah di internasional. Itu salah satu cita-cita yang mudah-mudahan dari kami atau adik-adik sekalian bisa terwujud, bisa go international. Semoga Persatuan Tinju Amatir Indonesia atau Pertina semakin jaya, terutama atlet-atlet wanita semoga bisa menjadi juara-juara olympic,” harap Nisa.  

Sementara itu, Sukmawati mengawali karir nasional tahun 2013 hingga sekarang. Ia pernah menjadi wasit dan hakim di tingkat daerah, provinsi, hingga nasional.

“Saya hobi tinju. Awalnya sekedar nonton dan saya suka olahraga. Sehingga saya memutuskan untuk ujian daerah, setelah ikut ujian daerah ada kesempatan untuk ikut hakim nasional, saya melanjutkan ke hakim nasional. Setelah 2 tahun lebih kemudian diberi kesempatan untuk ikut wasit nasional, saya mengikutinya lagi dan terakhir ikut ujian bintang satu IBA,” terang Sukmawati. 

Ia pun mengaku senang dan bangga diberi kepercayaan untuk bertugas dalam ajang Porprov Jatim VIII/2023 ini. “Senang dan bangga karena diberi kepercayaan untuk bertugas di Porprov Jatim, ini ajang bergengsi di Jawa Timur. Semoga semua berjalan dengan lancar, aman, kondusif, sesuai dengan harapan para kontingen,” jelasnya. 

Ia pun memberikan motivasi kepada seluruh kontingen supaya lebih semangat merekrut atlet tinju di daerah masing-masing.  “Karena tinju ini menjanjikan juga, sekarang sudah bisa sampai Asian Games dan olimpiade. Siapa tahu ada perwakilan dari Jawa Timur,” ujarnya. 

Kedatangannya kali ini sebagai wasit hakim juga ingin menginspirasi para perempuan yang berkibrah di cabor tinju Jawa Timur. “Kita ingin menunjukkan ke putri-putri di Jawa Timur ini yang mungkin sudah tidak aktif dalam bertinju untuk bisa beralih ke hakim dan wasit di Jawa Timur ini,” tutur Sukmawati. (rbi/idc/hjr)

#PORPROV Jatim #olahraga #Jombang #Porprov Jatim VIII/2023 #tinju