Jumat, 20 September 2024

Paparkan Kinerja Digital ke Dewan Juri

Tiga Sekda di Jatim Jadi Finalis ADLG Awards 2024,

Diunggah pada : 27 Juni 2024 19:14:42 54
Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) Digital Leadership Government (ADLG) Awards 2024 memasuki tahap presentasi di depan Dewan Juri, Kamis (27/6/2024) di Jakarta. Foto: Rafli/JNR

Jatim Newsroom – Tiga Sekretaris Daerah (Sekda) di Jawa Timur menjadi finalis Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) Digital Leadership Government (ADLG) Awards 2024. 

Ketiga Sekda tersebut yaitu Sekda Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo untuk Kategori Kota; Sekda Kabupaten Gresik, Achmad Washil Miftahul Rachman untuk Kategori Kabupaten; dan Sekda Kabupaten Trenggalek, Edy Soepriyanto untuk Kategori Kabupaten. 

Hari ini, Kamis (27/6/2024) di Jakarta, ketiga Sekda tersebut masuk ke tahap presentasi di Dewan Juri. Pertama, Analis Kebijakan Ahli Madya sekaligus Koordinator Substansi Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian, Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri RI, Ucup Hidayat. 

Kemudian ada Guru Besar Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik Universitas Gajah Mada, Agus Heruanto Hadna, Direktur Eksekutif Dewan TIK Nasional, Gerry Firmansyah, dan CEO Inixindo Jogja, Andi Yuniantoro. 

Sekda Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo memaparkan strategi digital leader dalam percepatan transformasi digital di Kota Mojokerto. Mulai dari penguatan kebijakan, optimalisasi kelembagaan, peningkatan kompetensi SDM, keterpaduan perencanaan dan penganggaran, pengendalian pembangunan aplikasi, pengembangan infrastruktur, budaya berinovasi, dan kepatuhan terhadap pemanfaatan aplikasi umum. 

“Kami berupaya mengorkestrasi seluruh perangkat daerah di Kota Mojokerto agar tingkat kematangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SBPE terus meningkat karena inilah yang mendorong terwujudnya percepatan transformasi digital,” terangnya.  

Sementara itu Sekda Kabupaten Gresik, Achmad Washil Miftahul Rachman menerangkan tentang strategi pengembangan SPBE di Pemerintah Kabupaten Gresik yang berfokus pada komitmen Sekda, penguatan kebijakan, tim koordinasi SPBE, perencanaan strategis SPBE, peningkatan kapasitas SDM, dan inovasi proses bisnis dan budaya kerja ASN. 

“Data dimanfaatkan, keputusan cerdik. Gresik maju, sejahtera warganya. Gresik Goes Digital. Inovasi, Efisiensi, Transformasi,” jelasnya. 

Adapun Sekda Kabupaten Trenggalek, Edy Soepriyanto memaparkan tentang pendukung transformasi digital Kabupaten Trenggalek. Mulai dari budaya kolaborasi, peningkatan kapasitas, standarisasi aplikasi, komitmen pimpinan, penguatan kebijakan, dan optimalisasi infrastruktur. 

“Trenggalek mengalami kenaikan nilai indeks SPBE dari 2,55 di tahun 2022 menjadi 4,21 di 2023. Ini hasil peran dan kolaborasi seluruh teman-teman perangkat daerah di Trenggalek,” tuturnya. 

Hadir Tenaga Ahli Utama Menteri Dalam Negeri RI, Suhajar Diantoro yang mewakili Menteri Dalam Negeri RI untuk membuka acara. 

“Kami menaruh harapan besar kepada kawan-kawan di sini. Dengan pelayanan publik berbasis digital, maka kita akan melompat lebih cepat untuk mencapai kemajuan,” katanya. 

Direktur Eksekutif ASKOMPSI, Eddy Santoso menjelaskan ADLG Awards 2024 adalah wujud apresiasi terhadap kepemimpinan (leadership) seorang Sekda berkinerja digital. 

Penghargaan ini merupakan bentuk dukungan terhadap penerapan Peraturan Presiden 82/2023 tentang Percepatan transformative Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional. Selain itu, SE Kemendagri RI tentang Peran Pemerintah Daerah dalam Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional. (idc/hjr)

#digitalisasi #SPBE #ADLG Awards #sekda

Berita Terkait

ADLG Awards 2024
Sekda Kota Mojokerto Raih Juara I
1 Agustus 2024
thumb
Forum Kolaborasi SPBE Pemerintah Provinsi Jawa Timur
Pj. Sekdaprov Jatim : Koordinasi Harus D...
15 Juli 2024
thumb