Jumat, 20 September 2024

ADLG Awards 2024

Sekda Kota Mojokerto Raih Juara I

Diunggah pada : 1 Agustus 2024 20:29:00 86
Kadis Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin saat foto bersama pemenang ADLG Awards 2024 dari kota Mojokerto juara I, Kabupaten Gresik juara II, dan Kab. Trenggalek juara III. (ghufron)

Jatim Newsroom - Satu Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto Gaguk Tri P, ATD., M.M meraih juara I pada ASKOMPSI Digital Leadership Government (ADLG) Award Tahun 2024 kategori kabupaten/kota, di Jakarta, Kamis (1/8/2024). Kemudian disusul Sekda dari Kabupaten Gresik  Ir. Achmad Washil M.R, M.T dengan meraih juara kedua, serta Sekda, Drs. Edy Soepriyanto dari Kab. Trenggalek yang merebut juara ketiga.

Ketiga pemenang tersebut diumumkan oleh Ketua Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) Digital Leadership Government (ADLG) Awards 2024, M. Faisal. Acara ini juga dihadiri oleh Dirjen Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Restuardy Daud, Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, dan juga 9 finalis ADLG 2024. Serta juga Pj. Walikota Mojokerto, M. Ali Kuncoro.

Dirjen Bangda Kemendagri RI, Restuardy Daud, mengatakan atas nama kementerian dalam negeri (Kemendagri) mengapresiasi kepada ASKOMPSI yang telah menyelenggarakan kegiatan ADLG Award 2024 ketiga. Dan juga secara konsisten ASKOMPSI telah turut membantu program pemerintahan terutama mendorong Pemda untuk transformasi ke digitalisasi.

Ia juga menyampaikan, selamat dan apresiasi kepada sekda yang telah menerima penghargaan tersebut. "Atas terobosan dari pimpinan di daerah tersebut juga turut membantu dan mendorong percepatan digitalisasi di pemda setempat,"katanya.

Sementara, M. Faishal menyampaikan terima kasih kepada para peserta sekda provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia yang telah mengikuti kegiatan ini. ADLG Awards ini sudah diselenggarakan untuk ketiga kalinya. "Ini direspon baik oleh pemda di Indonesia dengan perkembangan peserta yang ikut meningkat. Dimana di 2022 diikuti 64 Pemda, di tahun 2023 diikuti 98 Pemda, dan di 2024 diikuti 148 Pemda,"katanya.

Ia juga menjelaskan, ADLG Award 2024 merupakan capaian yang luar biasa. ASKOMPSI selalu melakukan evaluasi tiap tahunnya. "Diharapkan tahun 2025 juga mengalami peningkatan diikuti oleh seluruh pemda di Indonesia. Kita bisa tularkan virus - virus digitalisasi kepada pimpinan daerah,"katanya.

Ia juga menambahkan, di gelaran ADLGA award 2024 ini pihak ASKOMPSI alhamdulillah menggunakan anggaran sendiri, dan tidak menggunakan anggaran APBD. "Alhamdulillah tiga tahun berturut - turut ini kita menahan diri tidak membuat proposal untuk mendapat dukungan anggaran dari APBD. Karena kami berjalan menggunakan dana stakeholder swasta kami,"katanya

Diharapkan kehadiran Askompsi pada gelaran ADLG Award 2024 bisa mewujudkan  digitalisasi di Indonesia yang lebih baik, mulai pemerintahan, masyarakat serta perekonomian yang digital. Seperti diketahui, ADLG Awards merupakan wujud apresiasi terhadap kepemimpinan (leadership) seorang Sekrataris Daerah (Sekda) berkinerja digital. Khususnya dalam Indeks Digital Leadership dan Indeks Digital Capability Daerah.

Berikut Pemenang Juara ADLG Award 2024 :

Kategori Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten

1.Sekda,  M. Yulian Akbar, S.Sos., M,Si. dari Kab.Pekalongan

2.Sekda,  Ir. Achmad Washil M.R, M.T dari Kab. Gresik

3.Sekda, Drs. Edy Soepriyanto dari Kab. Tremnggalek

Kategori Sekda Kota Penerima ADLG Award 2024

1.Sekda, Gaguk Tri P, ATD., M.M dari Kota Mojokerto

2.Sekda, Muhaimin Kota Balikpapan

3.Sekda, Dikdik S. N, S.Si .M.M. dari Kota CImahi

 

Kategori Sekda Provinsi

1.Sekda, Sumarno, SE, MM dari Provinsi Jawa Tengah

2.Sekda, Drs. Beny Suharsono, M.Si dari Provinsi D.I. Yogyakarta

3.Sekda, Ir. Fahrizal Darminto dari Provinsi Lampung. (pca/s)

#Diskominfo Jatim #Kota Mojokerto #Kabupaten Trenggalek #Kabupaten Gresik #ADLG Awards