Jumat, 20 September 2024

Dalam SPBE Summit 2024 dan Peluncuran INA Digital

Surabaya, Banyuwangi, dan Tuban Raih Anugerah Digital Government Award

Diunggah pada : 27 Mei 2024 17:18:26 96
Penerima Digital Government Award (DGA) di Istana Negara Jakarta, Senin (27/5/2024). Sumber Foto: Tangkapan Layar Youtube Kementerian PAN-RB RI.

Jatim Newsroom - Tiga daerah di Jawa Timur berhasil memperoleh anugerah Digital Government Award (DGA). Pertama, Pemerintah Kota Surabaya dengan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tertinggi kategori pemerintah kota. Kedua, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan indeks SPBE tertinggi kategori pemerintah kabupaten. Ketiga, Pemerintah Kabupaten Tuban dengan kategori instansi pemerintah dengan peningkatan SPBE signifikan.

DGA merupakan hasil evaluasi penerapan SPBE kepada seluruh instansi pemerintah oleh tim independen dan tim koordinasi SPBE nasional. DGA diberikan kepada 65 instansi pusat dan daerah dengan enam kategori penghargaan berdasarkan tingkat kematangan instansi pemerintah untuk penerapan SPBE.

Penganugerahan ini merupakan rangkaian kegiatan dari SPBE Summit 2024 dan Peluncuran INA Digital di Istana Negara Jakarta, Senin (27/5/2024) oleh Presiden RI, Joko Widodo. Turut hadir para menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan instansi pusat, dan kepala daerah, termasuk Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono. 

“Saya ingin menggarisbawahi dan menekankan kehadiran birokrasi itu harusnya melayani, bukan mempersulit dan bukan malah memperlambat. Sehingga seharusnya yang menjadi tolok ukur adalah kepuasan masyarakat, manfaat yang diterima masyarakat, dan kemudahan urusan masyarakat,” ujar Presiden RI, Joko Widodo memberi arahan.

SPBE Summit 2024 merupakan agenda Kementerian PAN-RB yang bertujuan mendorong perkembangan layanan digital di setiap instansi pemerintah. “Kegiatan ini merupakan tahapan menuju pelayanan publik Indonesia yang lebih mudah, cepat, transparan, dan layanannya bisa segera diakses masyarakat,” terang Menteri PANRB RI, Abdullah Azwar Anas.

Menteri PAN-RB RI juga menerangkan INA Digital akan bertugas menggerakkan keterpaduan layanan digital pemerintah yang selama ini tersebar di berbagai platform atau aplikasi. Tugas INA Digital adalah melakukan standardisasi data dan integrasi sistem antaraplikasi SPBE Prioritas kementerian atau lembaga ke dalam satu layanan terpadu berbasis digital. 

Ada pula penandatanganan komitmen 15 instansi untuk percepatan transformasi digital paduan layanan digital nasional, yaitu Menteri PANRB RI, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) RI, Menteri Dalam Negeri RI, Menteri Keuangan RI, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Menteri Kesehatan RI, Menteri Sosial RI, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Kepala POLRI, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, dan Direktur Eksekutif PMO Prakerja. (idc/s)

#SPBE #layanan digital #Digital Government Award

Berita Terkait

Forum Kolaborasi SPBE Pemerintah Provinsi Jawa Timur
Pj. Sekdaprov Jatim : Koordinasi Harus D...
15 Juli 2024
thumb
Paparkan Kinerja Digital ke Dewan Juri
Tiga Sekda di Jatim Jadi Finalis ADLG Aw...
27 Juni 2024
thumb