Jumat, 20 September 2024

Finalis ADLG Awards 2024

Sekda Trenggalek Bahas Kunci Transformasi Digital dari Budaya Kolaborasi hingga Standardisasi Aplikasi

Diunggah pada : 7 Juni 2024 12:06:51 79
Sekda Kabupaten Trenggalek, Edy Soepriyanto memaparkan tentang implementasi SPBE di Kabupaten Trenggalek dalam Visitasi ADLG Awards 2024, di Trenggalek Smart Center, Jumat (7/6/2024). Foto: Hans/JNR

Jatim Newsroom - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Trenggalek, Edy Soepriyanto terpilih menjadi kandidat finalis Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) Digital Leadership Government (ADLG) Awards 2024.

ADLG Awards merupakan wujud apresiasi terhadap kepemimpinan (leadership) seorang Sekda berkinerja digital. Khususnya dalam Indeks Digital Leadership dan Indeks Digital Capability Daerah.

Hari ini, Jumat (7/6/2024), tim visitasi ADLG Awards 2024 menemui Sekda Kabupaten Trenggalek di Trenggalek Smart Center. Tim juga telah menemui Sekda Kota Mojokerto dan Kabupaten Gresik kemarin Kamis (6/6/2024).

Sekda Kabupaten Trenggalek, Edy Soepriyanto memaparkan tentang implementasi SPBE di Kabupaten Trenggalek. Pada tahun 2022 indeks SPBE Kabupaten Trenggalek ada di angka 2,55 dan melesat ke angka 4,21 di tahun 2023.

Ia menjelaskan, kunci transformasi digital adalah budaya kolaborasi, peningkatan kapasitas, standardisasi aplikasi, komitmen pimpinan, penguatan kebijakan, dan optimalisasi infrastruktur.

Pada ADLG Awards 2024 ini ada 15 sekretaris daerah yang telah dinilai dan terpilih sebagai kandidat finalis ADLG Awards 2024 dan 3 besar tiap kategori (total 9 orang) masuk ke proses visitasi.

Adapun para visitor yang datang menemui Sekda Kabupaten Trenggalek antara lain Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin; Direktur Eksekutif ASKOMPSI, Eddy Santoso; dan Analis Kebijakan Ahli Madya Kementerian Dalam Negeri RI, Ucup Hidayat.

Kadis Kominfo Jatim, Sherlita menyampaikan selamat atas terpilihnya Sekda Kabupaten Trenggalek sebagai kandidat finalis ADLG Awards 2024 ketegori Kabupaten.

"Selamat dan sukses karena dari 9 kandidat finalis yang terpilih untuk divisitasi, 3 orang dari Jawa Timur. Ini menunjukkan kita semua di Jawa Timur punya komitmen yang tinggi terhadap pelaksanaan transformasi digital. Saya juga meyakini perjalanan SPBE dan transformasi digital tersebut tentu tidak lepas dari ketokohan seorang Sekda," terang Sherlita.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif ASKOMPSI, Eddy Santoso menerangkan tim visitasi ini ditugaskan untuk melihat kesesuaian data input dan fakta di lapangan. "Kami berharap para Sekda yang terpilih ini bisa menularkan semangat kepada para Sekda lain dalam mengawal transformasi digital," kata Eddy. (idc/hjr)


Tim Visitasi ADLG Awards 2024 ke Sekda Kabupaten Trenggalek, di Trenggalek Smart Center, Jumat (7/6/2024). Foto: Hans/JNR

#Trenggalek #transformasi digital #digitalisasi #SPBE #ADLG Awards