Jumat, 20 September 2024

PU Bina Marga Paparkan Rahasia Kemantapan Jalan Provinsi Mantap Capai 97,56 Persen

Diunggah pada : 15 Agustus 2024 13:31:35 94
Kadis Pu Bina Marga Jatim, Edy Tambeng saat menerima kunjungan senator terpilih DPD RI 2024 - 2029, Lia Istifhama di ruang kerjanya. (pca)

Jatim Newsroom - Jawa Timur tak kunjung berhenti torehkan prestasi, bahkan termasuk dalam kaitannya dengan infrastruktur jalan. Tepatnya, persentase jalan provinsi dengan kondisi mantap, tidak kaleng-kaleng, Jawa Timur menduduki urutan pertama, tepatnya mencapai 97,56 persen atau hampir 100 persen.

 

“Rata-rata persentase jalan provinsi dengan kondisi mantap di Indonesia saat ini sebesar 70,64 persen data per 2022. Sedangkan kemantapan jalan provinsi Jawa Timur Alhamdulillah di atas itu, tepatnya 89,61 persen,”ujar Eddy Tambeng selaku Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur dihadapan senator terpilih Lia Istifhama, Kamis (15/8/2024).

 

Seperti diketahui, Pertemuan keduanya di kantor Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Pemprov Jatim yang beralamat di Jalan Gayung Kebonsari No.167, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, tersebut berlangsung gayeng.

 

Bahkan, Edy Tambeng tak ragu membongkar rahasia capaian Jatim dalam infrastruktur jalan. "Pada saat turun ke lapangan untuk menjaring simpatik masyarakat semasa kampanye Pemilu 2024 kemarin, saya melihat infrastruktur jalan di Jawa Timur lebih baik dari provinsi yang lain, padahal sebelum masa kepemimpinan Ibu Khofifah, ada beberapa area yang mana kondisi jalan provinsi sebelah lebih unggul. Namun kalau sekarang kita lihat, harus kita akui secara obyektif, bahwa jalan di Jatim menyeluruh sangat baik," tutur anggota DPD RI Terpilih Jatim Lia Istifahma.

 

Menanggapi hal tersebut, Eddy Tambeng pun menyampaikan usaha instansinya menjaga kelayakan kondisi jalan provinsi. "Memang benar sekali, semenjak kepemimpinan Ibu Gubernur Khofifah, tepatnya sejak 2019, Dinas PU Bina Marga harus selalu gercep dan responsive. Ini tak lain karena beliau semasa menjabat, selalu memberi perintah untuk kami lakukan pengecekan jalan provinsi yang rusak,"katanya. "Alhamdulillah sepanjang 1.671 km jalan provinsi, status kemantapan jalan memang sangat tinggi. Status kemantapan ini berarti jalan provinsi dapat dilalui dengan nyaman dan tidak rusak ataupun bergelombang,”paparnya.

 

Guna menjaga responsifitas itulah, DPU Bina Marga menurutnya, selalu terbuka menerima aduan masyarakat. Oleh karena itu, DPU Bina Marga memiliki aplikasi jalak loewe atau jalan rusak lapor dewe melalui playstore yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Jatim untuk melaporkan kerusakan di ruas jalan disekitarnya, maupun call center 082130008099.  "Ini rahasia mengapa kami saat ini memiliki status kemantapan hampir 100 persen dan tertinggi nasional. Karena masyarakat bisa melaporkan jika ada jalan rusak ataupun jalan berlubang. Insya Allah tim kami langsung respon dalam kurun waktu 1x24 jam," tambahnya.

 

Blak-blakan membongkar rahasia mengapa infrastruktur jalan provinsi hampir 100 persen ‘mantap’, disebut ning Lia, sapaan akrab politisi cantik itu, kian menguatkan spirit Jatim CETTAR yang menjadi symbol kepemimpinan Khofifah-Emil. “Dari sini, semakin tak terbantahkan bahwa memang Jawa Timur asli Cettar, Cepat, Efektif, Tanggap, Transparansi, dan Responsif. Dan saya sendiri sebagai warga Jatim, sangat bersyukur karena Jawa Timur di masa kepemimpinan pak Pj. Gubernur Adhy Karyono, terbukti masih berada pada capaian puncak prestasi yang semakin harus kita semua apresiasi,” pungkasnya. (pca/hjr)

#Dinas PU Bina Marga Jatim