Jumat, 20 September 2024

Bina Marga Jatim Jalin Kerjasama Penanganan Jembatan Buk Putih Bangorejo Banyuwangi

Diunggah pada : 14 November 2023 13:53:14 66
Kadis PU Bina Marga Jatim (kanan) melakukan pendatanganan Kerjasama dengan pihak PT. Bumi Suksesindo (kiri) terkait penanganan Jembatan Buk Putih Bangorejo Banyuwangi. (dok. PU Bina Marga Jatim)

Jatim Newsroom - Guna mewujudkan layanan infrastruktur, khususnya jalan dan jembatan yang lebih efektif, efisien, mantap, handal, serta terintegrasi. PU Bina Marga Jatim melalui program yang telah diluncurkan yaitu Road Care for Integrated Collaboration System melakukan penandatanganan kontrak dan kerjasama untuk penanganan Jembatan Buk Putih Bangorejo Banyuwangi, dengan pihak swasta yaitu PT. Bumi Suksesindo. Acara ini berlangsung di Ruang Rapat DPU Bina Marga Jatim.

Kepala DPU Bina Marga Jatim, Edy Tambeng Widjaja, ST, M.Si dilansir dalam laman website Bina Marga Jatim, Selasa (14/11/2023) mengatakan, bahwa kolaborasi ini sangat diperlukan. Pasalnya, jalan dan jembatan merupakan kewenangan pemerintah, sehingga diperlukan informasi atau kebutuhan aktivitas pertambangan PT. Bumi Suksesindo saat pengerjaan, agar tidak menimbulkan masalah teknis atau isu sosial.

"Jalan dan Jembatan Buk Putih ini dilalui oleh kendaraan logistik dari aktivitas pertambangan PT. Bumi Suksesindo. Karena jalan dan jembatan tersebut merupakan kewenangan pemerintah, harapannya apa yang dibutuhkan oleh PT. Bumi Suksesindo selama pengerjaan bisa kami support,"katanya.

Direktur PT. Bumi Suksesindo, Teddy mengapresiasi kesempatan dan ruang diskusi yang diberikan. Dia mengungkapkan bahwa pihaknya telah menunjuk konsultan yang akan menjelaskan aspek teknis secara mendetail dalam kontrak kerjasama ini. "Ketika mendengar bahwa kondisi Jembatan Buk Putih memerlukan perbaikan, kami bergerak cepat dengan membuat berita acara yang bisa segera dieksekusi. Kami juga memiliki konsultan yang akan menjelaskan teknisnya secara terperinci," terang Teddy.

Sementara itu Ir. Slamet Harianto, M.T., konsultan dari PT. Bangun Persada Selaras yang ditunjuk oleh PT. Bumi Suksesindo yang bertanggung jawab untuk perencanaan teknis dan desain Jembatan Buk Putih, menjelaskan bahwa pembangunan Jembatan Buk Putih ini membutuhkan keterlibatan beberapa instansi.

“Jembatan Buk Putih ini menyeberangi saluran irigasi dengan bangunan air di bawahnya yang memecah arus sungai menjadi empat jalur saluran irigasi. Yang perlu ditangani adalah aliran utama dengan debit air terbesar. Aliran air tidak boleh terhenti selama pengerjaan, sehingga diperlukan kolaborasi dengan OPD terkait," terang Slamet.

Seperti diketahui, acara penandatanganan kontrak dan kerjasama ini dihadiri oleh Kepala Dinas PU Bina Marga, Sekretaris Dinas PU Bina Marga, Direktur PT. Bumi Suksesindo, Konsultan PT. Bangun Persada Selaras, Kabid Pengaturan dan Pengendalian, Kabid Bina Teknik, Kabid Pembangunan dan Peningkatan, Kabid Pemeliharaan, Kasubag Umum dan Kepegawaian serta Kepala UPT PJJ Banyuwangi. (pca)

 

#Dinas PU Bina Marga Jatim