Jumat, 20 September 2024

Porprov Jatim VIII/2023 Ganda Campuran Tenis Meja Lahirkan Juara Baru

Diunggah pada : 12 September 2023 6:50:13 387
Final Cabor Tenis Meja di Porprov Jatim VIII/2023. Foto: Ridho/JNR

Jatim Newsroom - Medali emas diraih pasangan ganda campuran tenis meja Kabupaten Kediri Hafidh Nuur Annafi dan Siti Aminah, Senin (11/9/2023) di GOR Merdeka. Mereka di final menang 3-0 atas pasangan Kabupaten Sidoarjo, Wijaya dan Cindy.

Sedangkan tampil sebagai juara tiga bersama peraih perunggu, yakni Alfian dan Ulil Amalia dari tuan rumah Kabupaten Jombang. Serta Robby dan Andien Diska asal Jember.

Pelatih Cabor Tenis Meja Kabupaten Kediri, Joko Istanto mengaku tidak kaget dengan raihan atletnya di nomor ganda campuran. Karena keduanya merupakan duet lama yang sudah teruji di berbagai kompetisi. "Dari awal kami sudah yakin nomor ini bisa meraih emas. Karena secara mental dan kemampuan sudah tidak diragukan," akunya.

Sementara itu, Delegasi Teknis Cabor Tenis Meja Heri Wahyudi mengatakan, untuk ganda campuran juara Porprov Jatim tahun lalu gagal semuanya. Jadi, melahirkan juara baru. Kendati demikian, nama-nama yang masuk semifinal, masih Heri, sebetulnya bukan kejutan khususnya Sidoarjo punya potensi atlet putri Cindy, yang tahun lalu tidak ikut Porprov Jatim.

"Secara materi atlet tidak ada kejutan. Karena kemampuan sebelas, dua belas. Cuman yang juara tahun kemarin gagal hari ini untuk ganda campuran atau mix," terangnya.

Selain ganda campuran, hari pertama ini juga mempertandingkan nomor ganda putra dan ganda putri.  Nomor lainnya hari ini, ganda putra dan ganda putri sampai Upacara Penghormatan Pemenang (UPP). Namun, hingga berita ini rilis pertandingan masih berlangsung. 

Sambung Heri, partai final Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Kediri ini sama-sama merupakan atlet Puslatda Jawa Timur. "Jadi, kalau secara materi atlet memang semua layak final," ujarnya.

Ia menerangkan, untuk penambahan jumlah peserta atlet, ada tambahan sekitar 10 anak puslatda. Kalau tahun lalu, kebetulan ada yang ikut turnamen di luar negeri."Untuk potensi atlet belum bisa terlihat kalau masih main ganda. Tapi kalau sudah main individual putra putri baru kelihatan kualitas atlet tadi. Kalau potensi juara umum insyaallah Sidoarjo," ucapnya.

Di kesempatan itu, Sekretaris Panitia, M Tamim mengungkapkan, tenis meja memperebutkan medali 7 emas 7 perak dan 14 perunggu (juara tiga bersama)."Total peserta 180 atlet, terbagi 7 nomor pertandingan yakni ganda mix, ganda putra dan ganda putri. Lalu, besok Selasa beregu putra dan beregu putri. Besoknya lagi lanjutan sampai UPP.

Tiap kabupaten/kota ada 3 atlet/peserta. Dan hari Rabu malamnya harus sudah selesai. Kamis, tunggal putra dan tunggal putri. Mulai pukul 9 pagi sampai selesai. Ini berlangsung dua hari sampai UPP hari Jumat," jabarnya.

Menurutnya, ini partai luar biasa. Ideal finalnya menurutnya adalah Kabupaten Sidoarjo versus Kota Kediri. Tapi Kota Kediri yang punya pemain nasional di luar dugaan kalah lawan Kabupaten Sidoarjo saat babak 8 besar.

Kendati demikian, final Sidoarjo juga tidak mudah menghadapi lawannya Kabupaten Kediri yang mengalahkan Jombang.

"Itu juga tim bagus, karena kedua-duanya diperkuat atlet timnas yang dibawa ke Sea Games 2023 Kamboja baik Hafidh maupun Aminah dari Kabupaten Kediri. Di luar dugaan Kota Kediri terpeleset. Sidoarjo kejutan menang 3-2 atas Kota Kediri, meski sebelumnya tidak diperhitungkan. Persaingan sengit," pungkasnya. (idc/hjr)

#PORPROV Jatim #olahraga #Jombang #Porprov Jatim VIII/2023 #tenis meja