Jumat, 20 September 2024

Pj Gubernur Jatim Ajak Masyarakat Sedekah Oksigen

Diunggah pada : 26 Juli 2024 18:17:12 47

Jatim Newsroom- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengajak masyarakat untuk menggalakkan sedekah oksigen dengan menanam pohon, khususnya tanaman mangrove yang terbukti mampu menyerap karbon lima kali lebih banyak dari tanaman lain.

Pj. Gubernur mengatakan, dipilihnya ekosistem ini karena mangrove mampu menyerap karbon lima kali lebih besar dibandingkan ekosistem hutan yang di daratan. Selain itu, potensi mangrove di Jatim menjadi salah satu yang terbesar di Pulau Jawa.

"Melalui forum ini saya mengajak seluruh masyarakat agar aktivitas menanam pohon dan merawatnya bisa menjadi kebiasaan yang pada akhirnya berkembang menjadi budaya," kata Pj. gubernur, saat kegiatan Pemulihan Ekosistem oleh Masyarakat Kehutanan Jatim di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Jumat (26/7/2024).

Kebiasaan menanam pohon ini, kata Adhy, telah dimulai sejak era Gubernur Jatim periode 2019 - 2024, Khofifah Indar Parawansa melalui gerakan yang disebut dengan sedekah oksigen. "Luasnya hutan mangrove harus dimanfaatkan dengan baik untuk mewujudkan keseimbangan pertumbuhan ekonomi hijau dan lingkungan yang berkualitas," harapnya.

Merujuk data Dinas Kehutanan Provinsi Jatim sejak tahun 2020 hingga Desember 2023, telah dilaksanakan penanaman mangrove di pesisir Jatim melalui dana APBD, APBN, dan dukungan para pihak lainnya seluas 2.015,08 hektare atau sejumlah 7.108.447 batang bibit mangrove.

"Sedekah oksigen ini sudah kita lakukan keliling Jawa Timur. Harapannya, masyarakat menjadi familiar dengan kebiasaan menanam pohon dan pelaksanaannya bisa dilakukan kapanpun," kata Adhy.

Sebagai informasi, dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatangan Kesepakatan Bersama (MoU) antara Pemprov Jawa Timur dengan Aliansi Relawan untuk Penyelamatan Alam (Arupa) serta Perjanjian Kerjasama Dinas Kehutanan Jatim dengan MUI Jawa Timur.

Dikesempatan itu, Pj. Gubernur Adhy juga menyerahkan penghargaan kepada lima kepala daerah atas dukungan mereka dalam sinergi dan kolaborasi di bidang kehutanan. Yakni Kab. Sumenep, Kab. Blitar, Kab. Malang, Kab. Pamekasan, dan Kab. Nganjuk. (hjr)

#dinas kehutanan jatim