Jumat, 20 September 2024

Pj Bupati Andriyanto Serahkan Bansos Kepada KPM

Diunggah pada : 19 September 2024 18:21:20 7
Andriyanto meninjau salah satu rumah warga yang baru saja selesai diperbaiki. Foto : Kominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsroom –  Menandai hampir selesainya program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Pasuruan Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan, Andriyanto menyerahkan Bantuan Sosial (bansos) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Balai Desa Wonokerto, Kecamatan Sukorejo, Kamis (19/9/2024). 

 

Andriyanto juga meninjau salah satu rumah warga yang baru saja selesai diperbaiki, yakni rumah Abdul Karim (41), warga Desa Wonokerto. Saat dikunjungi, Karim mengaku berterima kasih, sebab kini ia bisa melihat rumahnya tak lagi bocor saat musim hujan tiba.

 

Pj Bupati Andriyanto menegaskan perbaikan RTLH sangat ditunggu oleh warga yang kondisi rumahnya mengalami kerusakan cukup parah. Sebab kini warga dapat tinggal lebih nyaman dan tak lagi was-was.

 

Ke depan, Pemkab Pasuruan menurut Andriyanto akan terus mengalokasikan anggaran perbaikan RTLH. Tahun 2025 mendatang masih ada 2.000 lebih RTLH di Kabupaten Pasuruan yang butuh perbaikan dan diharapkan dapat selesai secara berkala.

 

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Pasuruan, Eko Bagus Wicaksono menjelaskan, untuk tahun ini jumlah RTLH yang diperbaiki sebanyak 573 unit. Rumah warga kurang mampu tersebut tersebar di 112 desa/kelurahan di 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

 

Per satu rumah, bansos yang diberikan sebesar Rp 15 juta dengan rincian Rp 12 juta untuk pembelian bahan material dan Rp 3 juta digunakan sebagai upah kerja.

 

Kalau ditotal, anggarannya mencapai Rp 8,595 Milyar, terdiri dari DAU (Dana Alokasi Umum) Rp 2,460 Milyar untuk perbaikan 164 unit. Kemudian DBHCHT sebesar Rp 5,295 Milyar untuk 353 unit; serta insentif fiskal sebesar Rp 840 juta untuk 56 unit.

 

"Sampai bulan September ini sudah terealisasi sebanyak 556 unit, dan akan kita selesaikan semuanya dalam waktu dekat," jelasnya. (yan/hjr)

 

 

 

#kabupaten pasuruan