Jumat, 20 September 2024

Mahasiswa KKN UINSA Bantu Rebranding UMKM Desa Sokaan Probolinggo

Diunggah pada : 20 Juli 2024 18:57:24 166
Foto : Mahasiswa KKN 90 UINSA Lakukan Pendampingan Rebranding UMKM Desa Sokaan Probolinggo

Jatim Newsroom - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 90 Universitas Islam Negeri Surabaya (Uinsa) melakukan pendampingan rebranding Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Sokaan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (20/7/2024). 

Pendampingan rebranding produk dilaksanakan di rumah salah satu pelaku UMKM, Salman Al Farisi, yang merupakan produsen makanan ringan. "Kami tertarik oleh produk yang digeluti oleh Pak Faris, seperti popcorn, makaroni, keripik pangsit, dan makanan ringan lainnya. Produk ini jarang diproduksi khususnya di Desa Sokaan tapi unggul di kecamatan-kecamatan lain," ujar Abrar Zaki, salah satu anggota KKN 90.

Rebranding yang dilakukan meliputi modifikasi kemasan, penambahan label dan logo produk, pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB), dan penambahan varian rasa pada produk dan agar lebih menarik, ditambahkan tagline produk. 

Sebelum melakukan pendampingan rebranding UMKM, kelompok KKN 90 juga menggelar sosialisasi kepada warga Desa Sokaan terkait branding dan pemasaran digital untuk UMKM. Tidak hanya UMKM milik Faris saja, melainkan ada empat UMKM yang dibantu namun dari dusun yang berbeda.

Abrar berharap, pelaku UMKM di Desa Sokaan dapat terus berkembang. "Kami sangat berharap, program yang sudah kami berikan kepada pelaku-pelaku UMKM yang ada di sini, dapat terus berkembang dan tidak stuck di kami. Semoga dari adanya pelatihan dan semua bantuan yang kami berikan dapat menjadikan pelaku-pelaku UMKM disini terus maju," harapnya. 

Salman Al Farisi, menyampaikan terima kasih atas program KKN 90. "Terima kasih kepada teman-teman KKN atas motivasinya terkait produk kami. Semoga bermanfaat bagi kami selaku pelaku UMKM," ucapny. (zky-yan/s)

#uinsa