Jumat, 20 September 2024

Lamongan Ajak Generasi Muda Tanggap Perkembangan Teknologi

Diunggah pada : 12 Agustus 2023 15:45:50 91
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Lamongan

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Lamongan mengajak generasi muda untuk tanggap terhadap perkembangan teknologi. Hal ini disampaikan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi saat menghadiri wisuda sarjana dan pasca sarjana Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Ahmad Dahlan (AD) Lamongan, di Gedung Sport Center Lamongan, Sabtu (12/8/2023).

Sebanyak 363 wisudawan yang baru saja diwisuda dari program studi magister manajemen (57 mahasiswa), sarjana akutansi (106 mahasiswa), sarjana manajemen (170 mahasiswa), dan Diploma Perpajakan (30 mahasiswa).

Pak Yes, sapaan akrab Bupati Lamongan mengatakan, tanggap terhadap perkembangan teknologi berguna untuk menunjang serta sebagai bentuk akselerasi pencapaian visi Indonesia emas 2045 berdaulat maju dan berkelanjutan.

“Para wisudawan sebagai pemimpin masa depan, harus mumpuni secara pengetahuan baik ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan menjaga nilai-nilai religiusitas yang unggul yakni keimanan, ketakwaan, dan akhlakul karimah, perlu adanya kecakapan dalam keterampilan atau memiliki soft skill yang baik yakni mempunyai karakter yang baik. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah kita harus memahami apa yang disebut dengan digital mindset framework,” tutur Pak Yes.

Terlebih, lanjutnya, menghadapi tantangan global yang menjadikan negara-negara cenderung menjadi inward looking yaitu fokus pada pengembangan industri dalam negeri untuk menggantikan produk impor dengan lokal. Kemudian proteksionis yaitu kebijakan menerapkan politik dagang ketat yang mengarah kepada perlindungan ekonomi dalam negeri lewat pembatasan ekspor-impor sehingga terjadi pergeseran tren dari globalisasi menjadi deglobalisasi atau berkurangnya saling ketergantungan antarnegara di seluruh dunia.

Untuk menjaga kebangkitan ekonomi di Lamongan, pada kesempatan tersebut, Pak Yes juga mengenalkan langkah strategis Pemkab Lamongan di berbagai sektor mulai dari pendidikan hingga industri kreatif kepada wisudawan ITB AD Lamongan.

“Ke depan dan sebagai era baru perekonomian global menitikberatkan pada digitalisasi semua sektor fokus pada proses coding artificial intelijen dan memulai sistem big data sebagai dasar dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu dalam menghadapi tantangan ekonomi global tidak ada pilihan lain kecuali meningkatkan sumber daya manusia dengan teknologi digital,” tambah Pak Yes melalui rilis Humas Pemkab Lamongan.

Meski baru meluluskan dua gelombang, Pak Yes meyakini, ITB AD Lamongan mampu mencetak SDM unggul, berdaya saing, serta memberikan perubahan dan kebermanfaatan.

Hal serupa juga disampaikan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiah Jawa Timur, Sukadiono, ITB AD Lamongan mampu beradaptasi dengan melakukan inovasi-inovasi baru, berkontribusi dalam kolaborasi pentahelix serta perguruan tinggi negeri lainnya. 

“Perjuangan itu tidak boleh berhenti, perjuangan itu butuh proses, butuh waktu, butuh kerja keras. Kalau ingin menggapai perguruan tinggi yang berkualitas, berkemajuan, berkekumpulan tentu butuh pengorbanan untuk perjuangan, untuk kerja keras dan saya yakin di ITB Ahmad Dahlan akan bisa melakukan hal itu,” ucapnya.

Lebih lanjut, Sukadiono membagikan lima kunci sukses kepada wisudawan diantaranya mendekatkan kepada Tuhan, taat kepada orang tua, kerja keras, kerja cerdas, dan mampu berkomunikasi. (idc/s)










#lamongan #teknologi #sumber daya manusia