Jumat, 20 September 2024

Komisi PPRK MUI Jatim Bersama Tular Nular Gelar Akademisi Digital Lansia

Diunggah pada : 11 September 2024 19:15:44 31
Komisi Pemberdayaan Perempuan, Remaja dan Keluarga (PPRK) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur berkolaborasi dengan Tular Nalar menggelar kegiatan Akademi Digital Lansia, Rabu (11/9/2024), di Surabaya. Foto : Vivin

Jatim Newsroom - Komisi Pemberdayaan Perempuan, Remaja dan Keluarga (PPRK) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur berkolaborasi dengan Tular Nalar menggelar kegiatan Akademi Digital Lansia, Rabu (11/9/2024). Kegiatan yang berlangsung di Kantor MUI Jawa Timur, Jalan Pagesangan Barat Surabaya itu diikuti oleh 100 peserta dari delegasi Komisi PPRK MUI Jawa Timur.

Kegiatan ini dilatar belakangi oleh teknologi yang telah merambah ke berbagai aspek kehidupan, dan salah satunya para lansia sering kali menjadi kelompok yang tertinggal, sehingga mengalami kesenjangan digital karena keterbatasan akses atau pemahaman.

Ketua Komisi PPRK MUI Jawa Timur, Udji Asiyah mengatakan, pelatihan ini meliputi berbagai materi yang dibutuhkan para lansia untuk menjaga keamanan dalam berinteraksi di dunia maya. Di antaranya adalah pencegahan penipuan online, memahami hoaks, serta bagaimana memverifikasi informasi yang diterima melalui internet dan media sosial.

"Dengan tema Lansia Berbudi atau Bugar Bersama Digital, Akademi Digital Lansia berupaya memberikan edukasi yang berfokus pada tiga aspek utama yaitu bugar menghadapi penipuan, bugar saat pemilu, dan bugar mengindra hoaks. Ketiga fokus ini dirancang untuk memberikan bekal kepada lansia agar lebih waspada dan cerdas di dunia digital," jelas Udji.

Lebih lanjut, Udji menambahkan, Komisi PPRK telah bekerja sama dengan Tular Nalar selama tiga kali. Disebutkannya, di tahun 2021 digelar ToT yang diperuntukkan khusus bagi ormas perempuan muslim tingkat Provinsi Jawa Timur.

Komisi Pemberdayaan Perempuan, Remaja dan Keluarga (PPRK) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur berkolaborasi dengan Tular Nalar menggelar kegiatan Akademi Digital Lansia, Rabu (11/9/2024), di Surabaya. Foto : MUI Jatim

"Tahun 2023 kami laksnakana dua prgram Akademi Digital Lansia dengan fokus kepada akses aman, pintar dan cakap digital serta Sekolah Kebangsaan yang bekerja sama dengan salah satu perguruan tinggi di Surabaya. sedangkan tahun 2024 ini Akademi Digital Lansia kita fokuskan pada lansia bugar bersama digital," tambahnya.

Sementara itu, sebagai Ketua Panitia, Lilik Hamidah mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan ketrampilan dalam literasi digital.

"Setiap hari kita mendapatkan informasi yang tidak terbendung. Dimana kadang-kadang di situ ada hoaks, berita bohong, bahkan terjadi penipuan. Oleh karena itu, Akademi Digital Lansia ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam literasi digital terutama untuk mengedukasi para lansia jangan agar cerdas, sehingga tidak menjadi korban penipuan, berita bohong, hoaks di era digital sekarang ini," ungkap Lilik. 

Diketahui, acara ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta dari berbagai unsur seperti perwakilan Komisi PPRK se-Jawa Timur, organisasi Islam perempuan dan Majelis Taklim. (vin/hjr)

#MUI Jatim #digital #PPRK MUI Jatim