Jumat, 20 September 2024

Kemendagri Gelar Webinar Momentum Pemilu Serentak 2024 Sebagi Wujud Kesadaran Bela Negara

Diunggah pada : 18 Januari 2023 13:39:28 119
Dirjen Politik dan PUM Kemendagri, Bahtiar saat membuka webinar momentum pemilu serentak 2024 sebagai wujud pembinaan kesadaran bela negara, iedeoligi pancasila, dan wawasan kebangsaan. (pca)

Jatim Newsroom - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Politik dan PUM) menggelar Webinar bertajuk momentum pemilu serentak 2024 sebagai wujud pembinaan kesadaran bela negara, iedeoligi pancasila, dan wawasan kebangsaan.

Webinar tersebut menghadirkan Narasumber kompeten di bidangnya, antara lain KPU, Bawaslu, Wakil Rektor IPDN, Kementerian Pertahanan RI yang diwakilkan Direktur Jenderal Bela Negara, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Hadir pula dalam webinar ini, Sekda Provinsi, Kabupaten/Kota se-Indonesia. Bakesbangpol, Kominfo se Indonesia, dan Unsur Peserta partai politik pemilu 2024.

"Sengaja kami undang narasumber berkompenten tersebut, karena webinar yang kita selenggarakan tiap minggu ini dalam rangka mendukung suksesnya penyelenggaraan pemilu serentak 2024. Dimana saat ini tahapan pemilu 2024 ini sedang berjalan, bagaimana kita membangun ekosistem pemilu yang sehat yang merupakan upaya dari pemerintah sehingga memuculkan tema hari ini yaitu, momentum pemilu serentak 2024 sebagai wujud pembinaan kesadaran bela negara,"kata Dirjen Politik dan PUM Kemendagri, Bahtiar saat membuka webinar, Rabu (18/1/2023).

Menurutnya, secara konseptual ajang pemilu ini menjadi ajang perebutan kekuasaan yang secara sah dan konstitusional. Dimana jaman dulu untuk pemilu untuk memilih kekuasaan diberlakukan secara yang tidak manusiawi yang kemudian menimbulkan kekerasan dan memecah bela persatuan dan kesatuan negara.

"Maka itu mari kita ubah dalam memilih pemimpin ini dengan sistem bermartabat dan berdemokrasi yang sehat. Pemilu 2024 mendatang mari kita jadikan ajang memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, oleh karena itu mari kita peserta pemilu 2024 untuk memberitahukan kepada masyarakat pemilu 2024 ini jadi ajang perkuat persatuan, dan kesatuan bangsa, sehingga keutuhan NKRI bisa kita jaga bersama - sama,"tegasnya.

Ia menambahkan, Ditjen Politik dan PUM Kemendagri melalui Direktorat Ekososbud berkomitmen terus menjalankan tugas-tugas negara dalam menyelenggarakan urusan di bidang Politik dan Pemerintahaan Umum. Bentuk komitmen itu salah satunya mendukung agenda nasional yakni menyukseskan penyelenggaraan Pemilu yang tahapannya telah berjalan. (pca/hjr)

#Kemendagri RI

Berita Terkait

Dibuka Plt Sekjen Kemendagri
120 Anggota DPRD Jatim 2024-2029 Jalani...
3 September 2024
thumb
Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri RI
Rakor Bersama Diskominfo se-Indonesia Ba...
1 Agustus 2024
thumb