Jumat, 20 September 2024

Kabupaten Tulungagung Terpilih Jadi City of Charm di The 11th KUKM

Diunggah pada : 1 Agustus 2024 9:47:04 46

Jatim Newsroom – Kabupaten Tulungagung hadir dalam The 11th KUKM Expo 2024 Provinsi Jawa Timur. Acara berlangsung mulai 31 Juli hingga 4 Agustus di Grand City, Kota Surabaya

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Kamis (1/8/2024), acara yang diinisiasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur itu menobatkan Kabupaten Tulungagung menjadi City of Charm. Sehingga, Kabupaten Tulungagung berkesempatan menampilkan potensi unggulan dan UMKM di stand pameran utama expo. Mulai dari makanan khas, produk fashion, produk kerajinan, kekayaan budaya dan pariwisata.

Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno dalam sambutannya di Opening Ceremony KUKM Expo 2024, mengatakan kegiatan ini merupakan kesempatan emas bagi Kabupaten Tulungagung. Pasalnya, melalui kegiatan ini dapat menambah jejaring dengan mitra strategis dibidang perdagangan, pariwisata, dan Investasi. “Saya yakin, peluang emas ini mengantarkan Tulungagung sebagai daerah yang maju berbudaya dan berdaya saing,” katanya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Heru menyebutkan berbagai potensi sumberdaya alam serta modal sosial budaya yang dimiliki kabupaten Tulungagung mampu mendukung cita – cita sebagai pusat pembangunan dan penggerak ekonomi di selatan Jawa.

“Dan kami ucapkan terimakasih kepada Pemprov Jatim karena telah memilih Kabupaten Tulungagung sebagai pilot project pembentukan kawasan halal di area stasiun Tulungagung. Dalam hal ini, berbagai program telah dilaksanakan dalam rangka untuk mengoptimalkan pembentukan kawasan halal, diantaranya fasilitas sertifikat halal HIGH RICH, fasilitas hak merk dan lainnya,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan dan berharap melalui kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi kemajuan UKM di Jawa Timur, juga khususnya di Kabupaten Tulungagung. “Melalui kegiatan ini juga, diharapkan dapat mengantarkan Jawa Timur yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing.,” tandasnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Timur, yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Ir. Joko Irianto, M.Si mengapresiasi Kabupaten Tulungagung. Terang dia, Kabupaten Tulungagung yang bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur menjadikan beberapa kawasan di Kabupaten Tulungagung sebagai kawasan halal merupakan langkah strategis mendukung perkembangan ekonomi syariah. Selain itu, juga meningkatkan daya saing produk lokal di pasar global. “Dengan upaya tersebut, tentunya akan menarik lebih banyak investor dan wisatawan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” tuturnya.

Joko juga menyebut potensi yang dimiliki Kabupaten Tulungagung, terutama potensi pariwisata pantai dan pegunungan Wilis juga akan berdampak positif pada perekonomian di Jawa Timur wilayah selatan. “Melalui kegiatan ini, tentunya lebih terpromosikan. Apalagi Tulungagung memiliki pantai yang indah, dan telah terbangunnya jalur pansela yang tentunya akan membuat perekonomian di wilayah selatan Jawa Timur meningkat,” tandasnya.

Untuk sekedar diketahui, pada The 11th K-UKM Expo 2024 Provinsi Jawa Timur mengambil tema Transformasi UMKM yang Inklusif dan Berkelanjutan. (van/hjr)

#K-UKM #kabupaten Tulungagung #Pj Bupati Tulungagung