Jumat, 20 September 2024

Jombang Peringati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional dengan Aksi Tanam Pohon

Diunggah pada : 14 November 2023 14:41:22 22
Pj Bupati Jombang saat melakukan aksi tanam pohon (Foto: dilansir dari website Pemkab Jombang)

Jatim Newsroom - Gerakan “Aksi Tanam Pohon’’ dilakukan oleh PJ Bupati Jombang, Sugiat, dalam rangka peringatan "Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional" (HCPSN). Kegiatan ini  juga bersamaan dengan  dua agenda lain yaitu peringatan  Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Ruwatan Sumber Mata Air di Kabupaten Jombang,  yang dipusatkan di Balai Ageng Giri Kedaton Kampung Adat Segunung, Carangwulung, Wonosalam pada Selasa (14/11/ 2023) pagi.

Aksi menanam sebagai bentuk kecintaan dan kepedulian terhadap kelestarian bumi beserta isinya ini, juga melepas satwa burung, diawali oleh Pj Bupati Jombang Sugiat S.Sos, M.Psi T bersama Forkopimda Kabupaten Jombang; Adm. Perum Perhutani KPH Jombang; diikuti para Ketua Lembaga Pencinta Lingkungan, para Pejabat dilingkup Pemkab Jombang, PT. Cheil Jedang Indonesia, Bank Jatim dan pelajar

Dalam sambutannya Pj Bupati Jombang, Sugiat, mengingatkan akan arti pentingnya hutan. "Kita menyadari bahwa hutan punya peranan penting sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus menyediakan hasil hutan kayu, hasil hutan bukan kayu, kebutuhan pangan, ketersediaan air, sumber energi dan jasa lingkungan lainnya termasuk penghasil oksigen, tempat rekreasi dan konservasi keanekaragaman hayati," tuturSugiat.

Menurutnya, kondisi saat ini banyak hutan yang mengalami alih fungsi lahan, sehingga banyak mengalami penurunan baik jenis tanaman dan populasinya seperti tanaman tahunan maupun musiman serta hewan-hewan yang ada didalamnya.

"Kondisi yang demikian hampir terjadi di sebagian besar wilayah Kecamatan Wonosalam dan Bareng yang merupakan daerah penyangga air untuk wilayah Jombang dan sekitarnya," tuturnya..

Sebagai indikatornya yaitu jumlah sumber mata air yang tercatat di Kabupaten Jombang sebanyak 223 sumber mata air, dan 70% berada di Kecamatan Wonosalam. Banyak yang kondisinya mengalami penurunan kemampuan pasokan airnya terus merosot tajam, sementara kebutuhan akan air terus meningkat baik kuantitas, kualitas maupun kontinuitasnya.

"Kabupaten Jombang khususnya Kecamatan Wonosalam dan Bareng sebagai daerah penyangga harus selalu kita jaga dan rawat dengan konkrit dalam upaya perbaikan pengelolaan sumberdaya air dan alam" sambungnya.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Jombang secara khusus memberikan perhatian serta dukungan untuk upaya perlindungan sumber mata air melalui kebijakan dan regulasi yaitu Perda Kabupaten Jombang No. 5 Tahun 2014 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Mata Air, Penguatan Partisipasi Masyarakat, Edukasi serta dukungan Konservasi dan rehabilitasi lahan. (aud/s)

 

#Kabupaten Jombang