Jumat, 20 September 2024

Sebuah Tradisi Penuh Makna dan Nilai Budaya di Jombang

Jombang Festival Jambu Gondangmanis 2024

Diunggah pada : 18 September 2024 8:40:42 53

Jatim Newsroom – Suasana meriah menyelimuti perayaan "Festival Jambu Gondangmanis 2024" yang diselenggarakan di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang.

 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Jombang, Rabu (18/9/2024), ribuan warga tumpah ruah mengikuti Kirab Hasil Bumi dan Andum Tumpeng raksasa Jambu Gondangmanis, sebuah tradisi yang sarat makna dan nilai budaya.

 

Arak arakan tumpeng sedekah bumi dari 5 Dusun yakni Dusun Kandangan, Manisrenggo, Prayungan, Gondangmanis, Gondanglegi, tiba dilokasi acara, dipimpin oleh Kepala Desa Gondangmanis. Acara diawali dengan Siraman Pusoko Aji oleh KH. Mustain.

 

Seluruh Kepala Dusun Gondangmanis terlihat kompak guyub rukun bersama panitia lalu naik ke tumpeng raksasa Jambu Gondangmanis yang siap untuk dibagikan ke warga masyarakat yang hadir, yang didahului pembacaan doa.

 

Dalam acara puncak yang digelar di Lapangan Agrowisata Jambu Gondangmanis, Pj Bupati Jombang menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Gondangmanis yang dengan gotong royong bersama masyarakat dalam melestarikan tradisi lokal. "Acara ini bukan hanya perayaan panen, tetapi juga bentuk syukur kita kepada Alloh SWT atas hasil bumi dan upaya untuk mempromosikan potensi wisata Jombang," tutur Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo.

 

Salah satu daya tarik utama festival ini adalah tumpeng raksasa berisi 2 ton jambu Gondangmanis. Tumpeng ini merupakan hasil swadaya masyarakat dari lima dusun di Desa Gondangmanis. Keunikan Jambu Gondangmanis, buah khas Desa Gondang manis ini memiliki keunggulan rasa yang segar, tampilan menarik dengan warna ungu kehitaman saat tua, dan tekstur yang lembut. Kemampuannya tumbuh di dataran rendah menjadikan buah ini semakin istimewa.

 

Pj Bupati Teguh Narutomo optimistis bahwa festival ini akan mampu menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara. "Potensi agrowisata di Desa Gondangmanis sangat besar. Dengan adanya festival ini, kita berharap semakin banyak wisatawan yang datang dan menikmati keindahan alam serta kekayaan kuliner Jombang," imbuhnya.

 

Selain itu, Bupati juga mendorong para investor untuk berinvestasi di sektor pertanian, khususnya dalam pengembangan budidaya jambu Gondangmanis. "Dengan dukungan semua pihak, kita yakin jambu Gondangmanis dapat menjadi komoditas unggulan yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (Van/hjr)

#Kabupaten Jombang