Jumat, 20 September 2024

Indonesia Juara Piala AFF U-19 Tahun 2024

Diunggah pada : 30 Juli 2024 8:55:02 702
Captain Indonesia Doni tri dan kadek arel mengangkat tropi piala AFF U19 tahun 2024. (Foto : Wahyu JNR)

Jatim Newsroom - Tim nasional Indonesia U-19 berhasil meraih gelar juara Piala AFF U-19 tahun 2024 setelah mengalahkan Thailand dengan skor tipis 0-1 pada laga final yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7/2024) malam. Gol semata wayang Indonesia dicetak Jens Revan pada menit ke-18. 

 

Pertandingan berlangsung sengit dengan kedua tim saling serang sejak awal laga. Revan mampu memanfaatkan bola skrimit didepan gawang Thailand. Hingga akhir babak pertama, Indonesia mampu mempertahankan keunggulan 1-0.

 

Memasuki babak kedua, Thailand meningkatkan intensitas serangan mereka, namun dapat di mentahkan oleh lini pertahanan Indonesia yang dijaga oleh kadek arel dan muhammad iqbal berhasil tampil solid dan disiplin. Pada menit-menit akhir pertandingan, permainan Thailand berubah menjadi keras dan menjurus kasar, namun Indonesia tetap mampu menjaga emosi dan mempertahankan keunggulan hingga peluit akhir dibunyikan.

 

Dengan kemenangan ini, Indonesia berhasil mempertahankan rekor tak terkalahkan mereka sejak fase grup hingga final. Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi tim Garuda Muda dan seluruh pendukung sepak bola Indonesia.

 

Di pertandingan lain, perebutan tempat ketiga mempertemukan Australia dan Malaysia. Setelah bermain imbang 1-1 dalam waktu normal, Australia akhirnya berhasil mengalahkan Malaysia melalui adu penalti dengan skor 5-3, dan berhak membawa pulang medali perunggu.

 

Pemain Indonesia Riski Afrisal (merah tengah) berhasil melewati tackle pemain Thailand pada pertandingan final Piala AFF U19, di GBT surabaya, senin malam. (29/7). Foto : Wahyu JNR

Keberhasilan timnas Indonesia U-19 ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi perkembangan sepak bola di tanah air, serta menjadi modal berharga bagi para pemain muda untuk terus berkembang dan meraih prestasi di tingkat yang lebih tinggi.

 

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri bersyukur karena kembali membawa Timnas Indonesia kategori umur menjadi juara. "Pertama, saya mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT karena tahun kemarin ada medali emas SEA Games 2024, dan tahun ini, 2024, ada Piala AFF. Dan tentu untuk saya, itu menjadi motivasi agar berbuat yang lebih baik lagi," kata Indra Sjafri. 

 

"Yang kedua tentu ini trofi dan medali untuk para pemain yang berusaha, bekerja keras, di mana tim ini dipersiapkan lebih kurang 7 bulan ya, dari mulai Januari," sambungnya.

 

Lebih lanjut, Indra melihat keberhasilan ini menjadi modal untuk timnya berlaga lebih percaya diri lagi di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. "Dan seperti yang kami sampaikan di awal, targetnya bukan AFF, tetapi di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 nanti di tanggal 17 September kita akan lawan Yamen, lawan Maladewa, dan lawan Timor Leste," kata Indra. 

 

"Tentu juara AFF ini menjadi modal baik kita untuk bisa lebih percaya diri lagi agar lolos ke Piala Asia. Kami sangat yakin," imbuhnya. (why/hjr)

#jatim #kominfo jatim #AFF U-19 Boys Championship 2024