Jumat, 20 September 2024

Pengurus Relawan TIK Periode 2024-2028 Resmi Dikukuhkan

Diunggah pada : 6 September 2024 18:52:00 45
Proses pengukuhan Pengurus Relawan TIK Periode 2024-2028, penyerahan bendera dari Ketua Pengurus Relawan TIK Periode 2020-2024, Novianto Puji Raharjo (kiri) kepada Ketua Pengurus Relawan TIK Periode 2024-2028, Muhajir Sulthonul Aziz, di Lt.4, Ruang Anjasmoro, kantor Dinas Kominfo Jatim Surabaya, Jumat (6/9/2024). Foto : Moko / JNR

Jatim Newsroom - Pengurus Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Periode 2024-2028 resmi dikukuhkan pada Jumat (6/9/2024) di Lt. 4, Ruang Anjasmoro, kantor Dinas Kominfo Jatim, Surabaya. Proses pengukuhan dilakukan oleh Ketua Relawan TIK Jatim 2020-2024, Novianto Puji Raharjo. 

 

Turut hadir dalam agenda pengukuhan, Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, Fajar Eri Dianto, dan Ketua Relawan TIK Jatim Periode 2020-2024, Novianto Puji Raharjo.

 

Adapun para pengurus harian Relawan TIK Periode 2024-2028 yang baru dilantik ialah, Ketua Umum Relawan TIK, Muhajir Sulthonul Aziz, Wakil Ketua Relawan TIK, M. Ismanu Roziqi, Sekretaris, Mei Santi, dan Bendahara, Erlina Dwi Nahdzifah.

 

Dalam arahannya, Kepala Dinas Kominfo Jatim Sherlita Ratna Dewi Agustin menyampaikan, kemampuan digital merupakan faktor penting untuk meningkatkan kualitas hidup dan daya saing individu maupun masyarakat, namun tidak semua masyarakat memiliki akses dan kemampuan yang sama dalam memanfaatkan teknologi digital. Sehingga peran komunitas menjadi sangat penting dalam menjembatani kesenjangan digital ini.

 

"Relawan TIK merupakan komunitas yang terbukti bekerja nyata melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan/penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan tersebut untuk kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa. Mengatasi kesenjangan digital adalah upaya yang kompleks dan membutuhkan komitmen jangka panjang dari semua pihak," jelasnya. 

 

Dengan solusi yang tepat dan kolaborasi yang kuat, Sherlita menuturkan, diharapkan Relawan TIK dapat menciptakan masyarakat digital yang lebih inklusif dan sejahtera. Apalagi disebutkannya, saat ini Jawa Timur jumlah anggota Relawan TIK-nya sebanyak 441 orang se jawa timur, dengan 115 jenis kompetensi anggota dan 33 cabang di kabupaten/kota. Menurut Sherlita, hal tersebut menjadi potensi yang sangat besar untuk mewujudkan masyarakat jawa timur yang cakap digital. 

 

"Dalam waktu dekat ini pemerintah provinsi jawa timur akan melaksanakan kegiatan jatim Digifest di kabupaten tuban sebagai upaya untuk memperkenalkan layanan digital pemerintah kepada masyarakat. Saya berharap relawan TIK Jawa Timur dapat ikut berperan dalam mensukseskan kegiatan tersebut," tutur Sherlita. 

 

Sherlita pun mengucapkan, sebagai mitra relawan TIK dari Pemprov Jatim, pihaknya mengaresiasi pihak pihak yang mendukung serta berkontribusi di kegiatan tersebut. "Saya menyampaikan rasa terima kasih kepada Ketua Relawan TIK Periode 2020-2024, Novianto Puji Raharjo, atas kepemimpinan dan dedikasi yang telah diberikan selama masa jabatan dan telah menunjukkan komitmen, kerja keras yang luar biasa, yang sangat berkontribusi terhadap pencapaian dan kemajuan organisasi relawan TIK," ucapnya.

Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita (tengah) saat foto bersama usai pengukuhan pengurus relawan TIK Periode 2024-2028, di Lt.4, Ruang Anjasmoro, kantor Dinas Kominfo Jatim Surabaya, Jumat (6/9/2024). Foto : Moko / JNR

 

Sedangkan, untuk pengurus relawan tik yang baru dikukuhkan, Ia pun mengucapkan selamat dan sukses atas amanah baru yang diemban. 

 

"Selamat dan sukses kepada pengurus Relawan TIK periode 2024-2028 yang baru dikukuhkan, kami tunggu sepak terjang dan langkah selanjutnya dalam kepengurusan baru menuju jalan yang lebih baik. Mari kita terus tingkatkan kinerja, jalin komunikasi yang baik dan menciptakan inovasi yang membawa manfaat bagi seluruh masyarakat," kata Sherlita.

 

Sementara itu, Ketua Relawan TIK Jatim Periode sebelumnya yakni 2020-2024, Novianto Puji Raharjo menyampaikan, pihaknya sangat bahagia karena bisa menunjukkan konsistennya bersama dalam organisasi relawan TIK. "Ini tugas kita relawan TIK Jatim dalam berkiprah membawa warna yang indah terkait transformasi digital," ucap Novianto.

 

Kepada relawan yang baru saja dilantik, Novianto mengatakan, apa yang sudah ada tetap supaya tetap dipelihara. Supaya dalam berkegiatan relawan tetap fokus terhadap pelayanan tanpa fokus pada imbalan atau upah.

 

"Apalagi dunia relawan yang harusnya berkegiatan tanpa berpikir balasan apapun. Maka tetap semangat selamat mengemban amanah yang sebentar lagi akan dikukuhkan menjadi pengurus relawan minta maaf apabila selama periode yang dijalankan apabila ada kekurangan," ujar Novianto.

 

Sedangkan, sebagai Ketua Relawan TIK Periode 2024-2028, Muhajir Sulthonul Aziz menyampaikan, semangat yang dibawa dalam kepengurusan kali ini adalah solidaritas integritas, dan berkelas yang pastinya akan menjadikan Relawan TIK Jawa Timur ini lebih solid lagi. 

 

"Target khusus kami jangka pendek ini adalah merapikan seluruh organisasi yang masih belum rapi kemudian jangka panjangnya nanti kita akan mendata dari data itu akan kita jadikan suatu pemetaan bagaimana teman-teman ini kita arahkan untuk yang kelas nasional kelas internasional seperti apa nantinya dalam hal pendampingan kepada masyarakat. Semoga ke depan kawan-kawan Relawan TIK se-Jawa Timur bisa benar-benar solid dan juga bergandengan tangan untuk menjadikan Jawa Timur ini menjadi provinsi yang berkelas, berstandar internasional dengan bantuan kami sebagai pemberdaya di Relawan TIK," pungkas Muhajir. (vin/hjr )

#kominfo jatim #relawan TIK #Relawan TIK Jatim