Jumat, 20 September 2024

INA Digital Diluncurkan Presiden, Jatim Jadi Pemda Piloting Keterpaduan Layanan Digital

Diunggah pada : 27 Mei 2024 16:21:38 144
Logo INA Digital Indonesia Terintegrasi yang diluncurkan oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Istana Negara, Senin (27/5/2024). Sumber Foto: Tangkapan Layar Youtube Kementerian PAN-RB RI.

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Pemerintah Kota Surabaya dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menjadi Pemerintah Daerah Piloting untuk keterpaduan layanan digital Pemerintah Daerah (Pemda) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Hal ini menyusul Pemerintah Pusat dan Daerah yang terus berupaya melakukan percepatan transformasi layanan digital pemerintah. Salah satunya dengan meluncurkan INA Digital oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Istana Negara Jakarta, Senin (27/5/2024). 

Peluncuran INA Digital ini juga serangkaian dengan kegiatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024.  Turut hadir para menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan instansi pusat, dan kepala daerah, termasuk Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono. 

INA Digital merupakan nama Government Technology (GovTech) Indonesia. INA Digital dikelola oleh Peruri dan bertujuan untuk mengintegrasikan berbagai layanan pemerintah dalam satu portal untuk memudahkan masyarakat.

Sembilan Layanan Prioritas yang diintegrasikan oleh Peruri sebagai GovTech Indonesia, antara lain Layanan Kesehatan, Layanan Pendidikan, Layanan Bantuan Sosial, Digital ID/Data Kependudukan, Satu Data Indonesia, Layanan Transaksi Keuangan, Integrasi Portal Service, Layanan Aparatur Negara, dan Layanan SIM Online. 

“Untuk meningkatkan daya saing Indonesia, kita harus memperkuat Digital Public Infrastructure kita, semacam jalan tol untuk digitalisasi pelayanan publik. Kita juga harus memperkuat transformasi GovTech kita, satu portal terintegrasi yang kita namakan INA Digital,” ujar Presiden Jokowi. (idc/s)

#SPBE #layanan digital #INA Digital

Berita Terkait

Forum Kolaborasi SPBE Pemerintah Provinsi Jawa Timur
Pj. Sekdaprov Jatim : Koordinasi Harus D...
15 Juli 2024
thumb
Paparkan Kinerja Digital ke Dewan Juri
Tiga Sekda di Jatim Jadi Finalis ADLG Aw...
27 Juni 2024
thumb