Jumat, 20 September 2024

DPMD Jatim Gelar Lomba Video Kreatif Usaha Ekonomi Perdesaan 2024

Diunggah pada : 15 Mei 2024 23:56:42 201
Rapat Seleksi Administrasi dan Technical Meeting Lomba Video Kreatif, di ruang rapat Gema Desa kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, Selasa (14/05/2024).

Jatim Newsroom -  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur akan mengadakan lomba video kreatif usaha ekonomi Perdesaan tahun 2024. Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang apresiasi dan motivasi masyarakat untuk menggerakkan ekonomi sekaligus mempromosikan potensi desa. 

Hal tersebut disampaikan oleh Endah Wahyuni, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa saat membuka Rapat Seleksi Administrasi dan Technical Meeting Lomba Video Kreatif, di ruang rapat Gema Desa kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, Selasa (14/05/2024).

“Diharapkan lomba ini membuahkan hasil berupa bentuk promosi yang lebih baik dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dalam percepatan pergerakan ekonomi di perdesaan” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut dirinya juga menambahkan melalui tema lomba kali ini adalah “ Mempromosikan Desa untuk Percepatan Ekonomi Jawa Timur “ yang dimaksudkan untuk menggali serta mendorong kegiatan perekonomian perdesan termasuk mempromosikan usaha ekonomi masyarkat desa, potensi desa dan Produk Unggulan Desa (PUD).

Sebelum mengikuti lomba para peserta telah mendapatkan pelatihan atau workshop pembuatan video yang diselenggarakan oleh Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa DPMD Jawa Timur pada bulan Maret lalu. Terdapat 27 desa dan 27 kabupaten di Jawa Timur yang telah mengikuti workshop tersebut meskipun hanya 24 peserta saja dari kabupaten/kota  yang  mengirimkan karya.

Telah dilaksanakan penilaian secara administratif pada 24 karya tersebut serta memenuhi kriteria persyaratan lomba. Selanjutnya akan dilakukan pemilihan 5 karya terbaik yang dinilai dari aspek teknik, aspek non teknis dan aspek komersial.  Ada 10 orang anggota tim juri yang dari beberapa unsur seperti Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD): Bappeda dan Diskominfo Prov. Jatim,  Akademisi dan Perguruan Tinggi : UNIBRAW dan BINUS University Malang, dan Media Televisi : JTV Surabaya yang telah ditunjuk dari DPMD Jawa Timur untuk melakukan penilaian hasil karya video.   

Para juri tersebut akan melakukan verifikasi dengan uji petik dan penilaian lapang yang akan dilaksanakan pada awal Juni di lima titik sesuai lokasi para kandidat peserta yang berhasil masuk dalam kategori 5 besar.  (red)    

 

#DPMD Jatim