Kamis, 19 September 2024

Diskominfo Jatim Gelar Rakor Pemanfaatan TNDE di Lingkungan Setdaprov Jatim

Diunggah pada : 15 Maret 2024 17:28:09 110

Jatim Newsroom- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemanfaatan Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) yang diikuti seluruh staf dari berbagai Biro di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur.

Rakor dibuka secara langsung oleh Asisten Administrasi Umum, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur  Akhmad Jazuli yang didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov.Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin dan Kepala Bidang Aptika Diskominfo Jatim, Gugi Wicaksono, di Ruang Brawijaya kantor Pemprov Jatim, Jumat (15/3/2024).

Dalam sambutannya Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Akhmad Jazuli menyampaikan bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat berdampak pada penggunaan teknologi dalam pelayanan arsip yang tidak bisa dihindari. 

"Dalam rangka meningkatkan efisiensi transparansi dan akurasi dalam bidang pelayanan publik, Diskominfo akan memanfaatkan aplikasi TNDE yang dapat digunakan oleh segala perangkat daerah di seluruh Jatim. aplikasi tnde memiliki berbagai fitur proses yang dapat membantu pengiriman penyimpanan pengolah data yang terkait dengan naskah dinas,"ujarnya. 

Ia menambahkan aplikasi ini juga dapat mempermudah proses pembuatan, pengiriman, dan tindak lanjut naskah dinas sehingga memungkinkan masing-masing biro memberikan pelayanan yang lebih baik pad masyarakat. "Sebelumnya kan perlu menunggu pimpinan, tapi dengan adanya aplikasi tnde inikan dimanapun diharapkan bisa di akses di aplikasi hp masing-masing. sehingga harus ada target, kapan diimplementasikan di semua biro sehingga akan mempercepat dan mempermudah. jadi kegiatan ini sangat perlu diadakan dan tidak ada kata terlambat,"tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin menjelaskan pemanfaatkan TNDE ini di lingkungan Pemprov Jawa Timur sudah ada peningkatan yang cukup signifikan baik dari jumlah Organisasi Perangkat Daerah yang menggunakan. 

"Jalannya memang tidak mudah, bahkan di Dinas Kominfo ada laporan mingguan salah satunya terkait penggunaan TNDE di Pemprov Jatim. Dari data terakhir dari bulan November, Desember, Januari, Februari sampai Maret sudah ada peningkatan yang cukup signifikan baik dari jumlah OPD nya.  jadi, kemarin kami di 2024 awal salah satu pekerjaan rumah besar yang ditindaklanjuti oleh Kominfo Jatim adalah terdapat 12 perangkat daerah yang masih belum sama sekali menggunakan,"jelasnya.

Ia  berharap dalam rakor ini bisa terwujud terkoneksinya surat masuk, surat keluar dan tanda tangan elektronik antar OPD serta bisa menghasilkan suatu keputusan bagaimana teknis kesiapan jaringan, SDM, aplikasi dan tata kelola bisa diwujudkan. (mad/galuh/hjr)

 

#Diskominfo #Diskominfo Jatim #kominfo jatim