Jumat, 20 September 2024

Dirjen Polpum Kemendagri Sosialisasi Nomor Urut Peserta Pemilu 2024

Diunggah pada : 21 Desember 2022 12:56:51 37
Kemendagri melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) lakukan sosialisasi webinar tentang nomor urut peserta pemilu 2024.

Jatim Newsroom – Pascah ditetapkannya nomor urut peserta pemilu 2024 oleh KPU RI, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melakukan sosialisasi nomor urut peserta partai pemilu 2024 secara webinar atau zoom meeting bersama pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia, Rabu (21/12/2022).

Sosialisasi yang digelar Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) ini dihadiri 657 peserta Webinar atau zoom yaitu. Diskominfo, Bakesbangpol, KPU, dan Sekertaris daerah se Provinsi dan Kabupaten/kota di Indonesia.

Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Bahtiar mengatakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 14 Desember 2022 lalu telah menetapkan, 17 peserta pemilu 2024 secara nasional dan juga enam partai lokal di Aceh, yang kemudian dimasukan di surat keputusan KPU nomor 518 tahun 2022.

"Penetapan tahapan peserta pemilu 2024 telah ditetapkan, maka itu mari kita dukung dan sukseskan pemilu 2024 dengan sosialisasikan ke masyarakat. Namun kita sebagai Aparatur Sipil Negara tetap menjaga netralitas dan mulai sekarang untuk ASN lebih berhati - hati menggunakan simbol yang mengarahkan dukungan ke Parpol pemilu 2024,"katanya.

Dijelaskan, selayaknya pesta demokrasi, Pemilu 2024 sebagai ajang untuk memilih pemimpin pilihan rakyat harus disambut oleh seluruh elemen bangsa dengan suka cita. Karenanya, untuk membangun suasana tersebut, masyarakat perlu mengetahui tahapan Pemilu yang dilakukan. “Pemda seluruh Indonesia, khususnya jajaran Kesbangpol se-Indonesia, agar aktif membantu KPU, Bawaslu Daerah sosialisasikan seluruh tahapan pemilu kepada masyarakat hingga pelosok negeri,” ujarnnya.

Ia juga menambahkan, kesuksesan dan kelancaran penyelenggaraan pemilu bukan hanya dilihat kedatangan orang ke bilik suara atau TPS. Tapi juga penting dilihat kesuksesan dan kelancaran pemilu bisa dilihat dari berbagai faktor lain diantarannya mulai anggaran pemilu yang tersedia bagus, dan keterlibatan Pemda dalam melakukan sosialisasi pemilu 2024 ini.

"Begitu juga kepada Kominfo baik di daerah dan kabupaten/kota bisa juga bisa membantu mempublikasi sosialisasi pemilu 2024 ke masyarakat melalui media sosial dan juga bisa membantu menangkal isu Hoax tentang pemilu 2024,"pungkasnya.

Seperti diketahui, kegiatan webinar sosialisasi nomor urut peserta pemilu 2024 oleh Kemendagri ini juga dihadiri narasumber atau pembicara yaitu dari KPU RI, Bawaslu, DKPP, dan KemenKominfo. (pca/hjr)

 

#Kemendagri RI #kpu

Berita Terkait

Dibuka Plt Sekjen Kemendagri
120 Anggota DPRD Jatim 2024-2029 Jalani...
3 September 2024
thumb
Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri RI
Rakor Bersama Diskominfo se-Indonesia Ba...
1 Agustus 2024
thumb