Jumat, 20 September 2024

Digital Parenting Jadi Salah Satu Fokus Relawan TIK Jatim

Diunggah pada : 26 Januari 2023 9:59:24 49
Sumber Foto: Istimewa

Jatim Newsroom – Salah satu fokus utama Relawan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Jawa Timur adalah tentang persoalan digital parenting. Ketua Umum Relawan TIK Jawa Timur, Novianto Puji Raharjo menerangkan bahwa pihaknya mendatangi forum-forum komunitas ibu-ibu, guru TK, dan semacamnya. 

“Jadi di perkumpulan ibu-ibu arisan atau guru-guru TK, kami memanfaatkan forumnya untuk memberikan materi digital parenting supaya orang tua ini memiliki tanggung jawab terhadap penggunaan HP kepada anak-anak,” ujar Novianto pada hari Kamis (26/1/2023). 

Ia melanjutkan, para orang tua harus bijak dalam mengantisipasi kecanduan seorang anak terhadap gadget. “Gadget seharusnya bisa dimanfaatkan untuk menjadikan si anak lebih pandai, bukan kecanduan dan berdampak buruk,” terangnya. 

Apalagi, sambung Novianto, penggunaan gadget di kalangan orang tua pun perlu dibatasi. Orang tua perlu lebih banyak menghabiskan waktu bersama sang anak, di luar penggunaan teknologi, seperti berlibur bersama atau mengarahkan ke permainan tradisional. 

“Jadi ketika anak dan ortu kumpul di rumah, jangan minta anak tidak main gadget, tapi malah ortunya sendiri kecanduan sama HP. Bisa jadi si anak tersebut sejak dini candu dengan HP, salah satu penyebabnya karena sejak kecil cemburu dengan HP, ortunya lebih fokus sama HP. Jadi kami dampingi bagaimana mereka bisa ada kesepakatan antara ortu dan anak terkait penggunaan gadget,” tegas Novianto. (idc/n)

#relawan TIK #digital parenting