Minggu, 19 Mei 2024

Zaenal Fanani Bocorkan Cara Raih Emas PON Jabar (profil)

Diunggah pada : 19 September 2016 17:20:08 46

Jatim Newsroom - Hutan Cikole Lembang Bandung Provinsi Jabar, tempat berlangsungnya lomba Balap Sepeda Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016, Senin (19/9) mendadak riuh oleh teriakan dan tabuhan senar drum yang dibunyikan pendukung Jawa Timur.

            Puluhan suporter ini terus meneriakkan Fanani...Fanani...Fanani karena berhasil meraih Emas Cabang Balap Sepeda kategori Cross-Country Olympic Putra. Nampak kecerian dan kebahagiaan terlihat bukan hanya pengurus Jatim saja, tetapi juga para altet sepeda yang ikut dinomor bergengsi tersebut.

            Fanani seakan menjadi pelipur lara tim Balap Sepedah Jatim karena sebelumnya gagal dikategori Cross-Country Olympic putri dan hanya mendapatkan perunggu pada kategori Cross-Country Team Relay."Semoga medali ini bisa memberi semangat tim dan seluruh altel Jatim yang berlaga di PON Jabar,"ungkap fanani.

            Pada PON kali ini pemuda yang lahir 24 tahun silam tersebut mengaku tidak punya strategi khusus dalam mempersiapkan lomba, dia hanya melakukan latihan biasa dibeberapa lintasan yang disesuaikan dengan medan PON Jabar, fokus dan tetap berdoa."Hari ini memang luar biasa saya bisa mengalahkan Bandi Sugito pembalap unggulan dan juga langganan peraih emas PON asal Jabar," imbuhnya.

            Saat PON sebelumnya yang digelar di Provinsi Riau empat tahun silam, Atlet asli Lumajang ini mengaku hanya menempati peringat empat."Saat itu saya masih belum banyak pengalaman, saya terus belajar Alhamdulillah PON kali ini bisa meraih emas," ungkapnya.

            Lebih lanjut Fanani mengaku ada banyak faktor yang membuat dirinya bisa menyelesaikan jalur balapan sepanjang 28,2 KM dengan catatan waktu 1:55:25 yang pertama adalah fisik, kedua keyakinan dan yang ketiga adalah cuaca. "Jika hujan maka jalur lintasan akan semakin berat karena tanah akan menempel membuat roda sulit berputar," terangnya.

            Fanani berharap, kedepan dia bersama tim Balap Sepeda Jatim bisa terus berprestasi pada kejuaran nasional PON empat tahun mendatang."Cita-cita saya bisa masuk SEA Game, semoga bisa terwujut," harapnya.

            Untuk diketahui, pada Lomba balap sepeda kategori Cross-Country Olympic Putra Jatim meraih medali emas sedangkan medali perak diraih Sugianto Asal Riau dengan catatan waktu 1:56:57 sedangkan pembalap tuan rumah atas nama Bandi Sugito dengan catatan waktu 1:57:46 meraih medali perunggu. (hjr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait